Walikota Resmikan Ruang MCC

Teks Foto: Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH meresmikan ruang MCC peresmian ditandai dengan pengguntingan pita serta penandatanganan prasati di Balai Kota Medan, Rabu (26/12/18). *hariancentral.com – Ist
Medan – hariancentral.com: Lima hari jelang berakhirnya tahun 2018, Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH meresmikan ruang Medan Commad Centre (MCC) di Balai Kota Medan, Rabu (26/12/18). Kehadiran ruang ini sebagai wujud komitmen kuat Pemko Medan untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh warganya. Dengan kehadiran sistem pelayanan berbasis teknologi canggih yang terintegrasi ini diyakini akan memudahkan dan menguntungkan masyarakat maupun pemerintah.
Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita serta penandatanganan prasati yang dilakukan Walikota didampingi Sekda Kota Medan Ir Wirya Alrahman MM dan Kadis Kominfo Zain Noval. Setelah itu Walikota pun mencoba sejumlah aplikasi yang ada dalam MCC. Setelah itu dilanjutkan dengan peninjauan seluruh ruangan serta peralatan yang dimiliki, termasuk ruangan rapat sekaligus memberikan testimoni terkait dengan diresmikan Ruang MCC tersebut.
Dikatakan Walikota, MCC merupakan dari upaya untuk menuju Medan Smart City (kota pintar). Untuk mewujudkan hal itu tentunya menuntut pengawasan yang harus dilakukan secara pintar pula. Artinya, pengawasan tidak bisa dilakukan hanya secara manual tetapi juga harus menggunakan teknologi canggih sehingga fungsi moniktoring yang dilakukan semakin lebih maksimal.
Disamping itu tambah Wali Kota, pemanfaatan teknologi juga dapat mengurangi potensi korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) dengan cara mengembangkan berbagai macam program berbasis informasi teknologi. “Saya yakin, pemerintah dan masyarakat akan sama-sama dimudahkan dan diuntungkan dengan kehadiran MCC yang mengusung sistem pelayanan berbasis teknologi canggih yang terintegrasi ini,” kata Walikota.
Meski diakui pemanfaatan teknologi canggih membutuhkan biaya yang cukup mahal terutama dalam penyiapan fisik, jelas Wali Kota, namun harus dilakukan karena investasi yang dikeluarkan itu sangat berguna untuk mengahadapi perkembangan kemajuan sekaligus meningkatkan daya saing di kancah persaingan global.
“Melalui pemanfaatan teknologi ini, kita ingin mewujudkan Kota Medan yang bergerak lebih cepat, lebih tanggap dan lebih cakap dalam mengikuti perkembangan zaman. Bersamaan itu kita juga melakukan pemetaan menyeluruh terhadap kebutuhan paling mendasar yaitu peningkatan sumber daya manusia yang mumpuni serta pengembangan sarana dan prasarana dalam berbagai bidang informasi komunikasi dan teknologi,” ungkapnya.
Dengan hadirnya MCC ini, Walikota berharap masyarakat nantinya dapat terlayani dengan maksimal. Di samping itu kinerja Pemko Medan juga akan lebih maksimal sehingga memuaskan masyarakat. Apalagi MMC memiliki 174 aplikasi, salah satunya Medan Rumah Kita yang terintegrasi dengan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor) Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) yang dikelola dan dikembangkan oleh Kementrian Pendayagunaan Apratur Negara dan Reformasi Birokrasi bersama Kementrian Dalam Negeri, Kantor Staf Presiden dan Ombudsman RI.
“Jadi semua pengaduan maupun keluhan yang disampaikan masyarakat melalui aplikasi MRK akan disampaikan kepada OPD terkait untuk segera ditindaklanjuti. Saya pastikan pengaduan dari masyarakat itu insya Allah ditindaklanjuti, sebab aplikasi ini terintegrasi langsung ke pusat. Melalui aplikasi ini, kita ingin kehadiran pemerintah dirasakan di tengah masyarakat,” jelasnya.
Walikota selanjutnya berharap aplikasi di MCC terus bertambah dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Kemudian terintegrasi dengan seluruh OPD di lingkungan Pemko Medan sehingga seluruh kinerja masing-masing OPD dapat terpantau dan terukur dengan baik.
“Saat ini yang baru bisa terpantau adalah truk pengangkut sampah. Melalui MCC, kita tahu apakah truk itu melintasi sesuai dengan jalur yang telah ditetapkan atau tidak. Apabila mereka menyimpang, truknya bisa kita matikan langsung dari Ruang MCC. Kemudian kita akan menggunakan MCC untuk mobil ambulan yang kita miliki untuk memudahkan masyarakat yang membutuhkan layanannya. Setelah itu menyusul yang lain sehingga kinerja seluruh jajaran kita terpantau dan pelayanan yang kita berikan kepada masyarakat semakin meningkat,” paparnya.
Usai meresmikan Ruang MCC, Walikota didampingi Sekda dan Kadis Kominfo menggelar konfrensi pers dengan wartawan terkait hadirnya MCC tersebut. Wali Kota selanjutnya menjawab semua pertanyaan yang diajukan. “Yang pasti kehadiran Ruang MCC ini kita lakukan untuk berbuat lebih baik dalam melayani masyarakat Kota Medan,” pungkasnya.
Sebelumnya, Kadis Kominfo Zain Noval menjelaskan, MCC dihadirkan untuk mengantisipasi perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat. Selain memiliki MCC, Kota Medan saat ini memiliki data center yang dikelola sendiri sehingga seluruh data di setiap OPD berada dalam satu data center.
“Keberadaan MCC ini dapat mempermudah pimpinan untuk mengambil keputusan jika terdapat permasalahan di tengah masyarakat. Artinya pimpinan dapat memonitor seluruh pelayanan yang diberikan kepada masyarakat melalui teknologi informasi. Selain itu memudahkan interaksi diantara OPD,” terang Zain Noval. *AG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here