Walikota Dampingi Jaksa Agung Jenguk Pasien Hernia Di RSUD Dr Pirngadi

Medan – hariancentral.com: Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH mendampingi Jaksa Agung RI HM Prasetyo dan Ketua Umum Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Ros Ellyana Prasetyo berkunjung ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Pirngadi, Medan, Minggu (24/03/19). Kedatangan Walikota bersama Jaksa Agung beserta rombongan guna menjenguk pasien pasca operasi hernia massal dalam rangka bakti sosial gawean Kejaksaan Agung (Kejagung) RI yang dilaksanakan di rumah sakit milik Pemko Medan tersebut, Sabtu (23/03/19).

Setibanya di RSUD Dr Pirngadi, Walikota bersama Jaksa Agung dan rombongan langsung menuju lantai 6 rumah sakit untuk melihat kondisi pasien yang dirawat usai menjalani operasi hernia. Ruangan pertama yang dikunjungi Walikota bersama Jaksa Agung adalah ruangan perawatan anak. Di dalam ruangan yang berisi 4 pasien anak tersebut, Walikota bersama Jaksa Agung menghampiri satu persatu pasien untuk menanyakan kondisi mereka pasca menjalani operasi hernia.

Selanjutnya, Walikota bersama Jaksa Agung melanjutkan kunjungan ke ruangan berikutnya. Di ruangan tersebut seluruhnya diisi sebanyak 4 orang pasien dewasa. Dalam kunjungannya bersama Jaksa Agung, Walikota tampak bahagia melihat kondisi pasien yang semakin membaik usai menjalani operasi.

Jaksa Agung mengatakan, bakti sosial dalam bentuk operasi hernia massal yang digelar Kejagung RI tersebut sebagai wujud kepudilan kepada masyarakat kurang mampu yang menderita penyakit hernia. ‘’Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kita (Kejagung) RI pada masyarakat, khususnya warga kurang mampu yang membutuhkan bantuan medis. Dengan adanya operasi hernia massal ini, diharapkan mampu membuat masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan, dapat pulih dan sehat kembali,’’ kata Jaksa Agung.

Selain itu, Jaksa Agung mengungkapkan bahwa kegiatan bakti sosial tersebut menjadi bentuk kontribusi Kejagung RI kepada masyarakat termasuk di Kota Medan. Disamping itu, dari 80 jumlah pasien yang dioperasi, umumnya didominasi anak-anak. ‘’Pemeliharaan, penjagaan dan perawatan kesehatan menjadi tanggung jawab kita bersama. Hal ini agar kita dapat menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang sehat, apabila semua masyarakatnya juga sehat dan terlayani dengan baik,” ungkapnya.

 Apalagi tambah Jaksa Agung, banyak pasien anak-anak yang menjadi perhatian khusus. “Semoga dengan operasi hernia massal ini, para pasien khususnya anak-anak dapat kembali pulih dan bersemangat menggapai masa depannya,’’ harapnya.

Sementara itu, Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH sangat mengapresiasi kegiatan bakti sosial yang diinisiasi Kejagung RI tersebut. ‘’Pemko Medan mengapresiasi digelarnya kegiatan bakti sosial tersebut. Alhamdulillah, seluruh masyarakat, khususnya warga Kota Medan yang telah menjalani operasi hernia kini kondisinya menjadi lebih baik. Semoga seluruh masyarakat dapat kembali melanjutkan aktifitasnya seperti sedia kala dan senantiasa dalam lindungan Allah SWT,’’ kata Walikota.

Walikota selanjutnya mengatakan, pihaknya segera menginstruksikan kepala dinas terkait bersama seluruh camat dan lurah agar melakukan pendataan terhadap masyarakat di wilayahnya masing-masing. Hal tersebut dilakukan agar mengetahui kemungkinan adanya masyarakat yang mengidap penyikat hernia yang membutuhkan bantuan namun tidak diketahui oleh pejabat setempat.

“Setelah ini saya akan instruksikan kepala dinas terkait sekaligus para camat dan lurah untuk melakukan pendataan warga. Sebab, saya menginginkan seluruh pihak agar dapat memperhatikan kesehatan warga kota Medan. Jangan sampai kita abai dan lalai pada mereka. Ini sudah tanggung jawab kita sebagai pelayan masyarakat untuk melihat dan memperhatikan mereka,’’ pungkas Walikota.

Kemudian Walikota dan Jaksa Agung menandatangi prasasti sebagai pertanda bahwa telah digelarnya operasi hernia massal di RSUD Dr Pirngadi tersebut. Sebelum meninggalkan RSUD Dr Pirngadi, Walikota bersama Jaksa Agung menyapa pasien yang berada disekitar lokasi penandatangan prasasti. Tampak Walikota dan Jaksa Agung bercengkarama dengan para pasien sekaligus mendengar langsung pelayanan yang diberikan petugas medis di rumah sakit milik Pemko Medan tersebut. *AG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here