Wakil Bupati Asahan Buka MTQ Ke-50

Asahan-hariancentral.com: Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-50 tingkat Kabupaten Asahan yang dilaksanakan di Lapangan Desa Silau Lama Kec. Silau Laut oleh Pemerintah Kabupaten Asahan mendapat antusias dari masyarakat dengan beramai-ramai datang pada acara pembukaan tersebut, Selasa (05/03/19).
Teks Foto: Penekanan Tombol Sorine yang dilakukan Oleh Wakil Bupati Asahan bersama dengan Forkopimda, Ketua MUI, Kakan Kemenag dan tokoh masyarakat. *hariancentral.com – Ade Utari.
Dalam pembukaan MTQ ke-50 ini turut hadir Wakil Bupati Asahan, Forkopimda Asahan, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Asisten, TP PKK Kabupaten Asahan, OPD, Camat, Ketua MUI, Kakan Kemenag, H Armyn Simatupang, H Ahmad Dolly Kurnia Tanjung serta Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Masyarakat se Kabupaten Asahan.
Pada acara pembukaan ini Sunardi SSos Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Kabupaten Asahan membacakan laporan Ketua Umum Penyelenggara MTQ ke-50 Tingkat Kabupaten Asahan Drs H John Hardi Nasution MSi yang mengatakan pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Asahan diikuti oleh 25 Kecamatan dan jumlah peserta sebanyak 706 orang rinciannya sebagai berikut : Cabang Tilawah Al-Quran Golongan Dewasa Putra/Putri 50 orang, Golongan Remaja Putra/Putri 50 orang, Golongan Anak-anak Putra/Putri 50 orang dan Golongan Tartil Putra/Putri 50 orang.
Selain itu Cabang Hifzil Qur’an untuk katagori Golongan 1 juz dan Tilawah Putra/Putri 44 orang, Golongan 5 juz dan Tilawah Putra/Putri 32 orang, Golongan 10 juz Putra/Putri 23 orang, Golngan 20 juz 9 orang dan Golongan 30 juz 4 orang. Cabang Khattil Quran Golongan Naskah Putra/Putri 43 orang, Golongam Dekorasi Putra/Putri 36 orang dan Golongan Hiasan Mushaf Putra/Putri 42 orang.
“Cabang Fahmil Qur’an Putra/Putri 123 orang dan Cabang Syahril Qur’an Putra/Putri 150 orang,” ujar Sunardi.
Sementara Wakil Bupati Asahan H Surya BSc yang membacakan pidato tertulis Bupati Asahan mengatakan kebahagiaannya atas antusias masyarakat pada saat pelaksanaan MTQ tingkat Desa/Kelurahan dan tingkat Kecamatan yang telah mampu menyungguhkan nuansa religius dan pesona budaya keagamaan.
“Seluruh masyarakat dapat merasakan bahwa MTQ bukanlah sekedar kegiatan keagamaan tetapi juga sangat erat kaitannya dengan kehidupan sosial kemasyarakatan,” ujar Surya.
Surya juga berharap kepada kita semua khususnya para Qori, Hafidz dan para penggiat Al-Qur’an untuk terus meningkatkan kualitas para generasi Qur’ani dalam mengasah kemampuan sehingga bukan dari kuantitas, tapi dapat diperhitungkan dari segi kualitas.
Sebelum mengakhiri pidatonya Wakil Bupati Asahan mengatakan kepada seluruh Kafilah agar dapat menampilkan kemampuan terbaik, sehingga pada akhir pelaksanaannya nanti kita akan mendapatkan Qori dan Qoriah, Hafidz san Hafidzah terbaik dari Kab. Asahan, yang akan menjadi duta Kab. Asahan pada event seleksi Tilawatil Qur’an tingkat Provinsi dan kepada para Dewan Hakim, sesuaikanlah penilaian pemenang dengan ketentuan aturan yang berlaku.
Kegiatan ini juga dilakukan dengan penekanan tombol serine yang dilakukan oleh Wakil Bupati Asahan beserta Forkopimda, Ketua MUI, Kakan Kemenag dan tokoh masyarakat menandakan kegiatan MTQ Ke-50 Tingkat Kab. Asahan telah dibuka. *AU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here