Tekan Angka Stunting TP PKK Asahan Lakukan Berbagai Program

Teks Foto: Ketua TP PKK Asahan Ny Hj Winda Fitrika Taufan Gama Simatupang saat menghadiri kegiatan stunting. *hariancentral.com - Ali Akbar

Asahan – hariancentral.com: Stunting (gagal tumbuh) merupakan masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu yang lama dan pada umumnya terjadi karena asupan makan yang tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh badan.

Pada tahun 2013 di Indonesia angka penderita stunting mencapai 37,2 persen, hal ini berdasarkan hasil riset kesehatan.


Menyikapi hal tersebut TP PKK Kabupaten Asahan melakukan berbagai program untuk menekan angka stunting di Kabupaten Asahan salah satunya memperbaiki gizi dan kesehatan ibu hamil.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Asahan Ny Hj Winda Fitrika Taufan Gama Sumatupang, Sabtu (23/03/19).

Selain itu Winda juga mengatakan, TP PKK Kabupaten Asahan terus mendorong ibu-ibu hamil untuk memeriksa kehamilannya minimal 4 kali serta memberikan tambahan darah minimal 90 tablet selama kehamilan.

Sebagai Ketua TP PKK Kabupaten Asahan Winda juga tidak henti-hentinya memberikan bimbingan dan dorongan kepada pengurus TP PKK Kabupaten sampai ke tingkat Desa, dengan tujuan selalu memberikan pengetahuan kepada ibu-ibu tentang pentingnya memperhatikan kesehatan dan gizi pada masa kehamilan serta setelah melahirkan agar pertumbuhan anak dapat sesuai dengan umurnya dan terhidar dari stunting.

Ketua TP PKK Kabupaten Asahan juga selalu melakukan sosialisasi dengan seluruh Pengurus TP PKK Kecamatan sampai tingkat Desa dan ini merupakan wujud keseriusan TP PKK Kabupaten Asahan dalam menekan angka stunting di Kabupaten Asahan.

Winda juga tidak ragu-ragu turun langsung melihat program-program yang dijalankan di wilayah Kabupaten Asahan seperti melihat program senam untuk ibu hamil, melakukan interaksi langsung dengan ibu hamil dan menanyakan tentang kesehatan ibu hamil serta memberi himbauan kepada ibu hamil untuk mencuci tangan pakai sabun.

Winda juga berharap kedepannya dengan bantuan seluruh stake holder, angka stunting dapat dituntaskan atau paling tidak dapat ditekan. Ini agar cita-cita yang terkandung dalam Nawacita membangun generasi emas dari pinggiran dapat terwujud. *AA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here