Sekda Aceh Timur Buka Diklatpim Tingkat IV

Teks Foto: Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Aceh Timur M Ikhsan Ahyat SSTP MAP mengalungkan tanda peserta pelatihan kepemimpinan Tingkat IV Angkatan IV. *hariancentral.com -Juanda

IDI – hariancentral.com: Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Aceh Timur M Ikhsan Ahyat SSTP MAP membuka pelatihan kepemimpinan Tingkat IV Angkatan IV Aceh Timur Tahun 2019, di aula Gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Kamis (21/03/19).

Dalam sambutannya, M Ikhsan Ahyat menyampaikan, pelatihan kepemimpinan Tingkat IV, yang mana tujuannya membentuk kompetensi kepemimpinan operasional dan membentuk pemimpin perubahan pada pejabat struktural eselon IV yang akan berperan dan melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansi masing-masing.

“Setelah pembukaan diklat PIM IV ini saudara-saudari telah resmi menjadi peserta pendidikan dan pelatihan kepemimpinan Tingkat IV, yang merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh para pejabat yang memangku jabatan eselon maupun calon pejabat yang akan dipromosikan,” kata M Ikhsan Ahyat.

Disamping itu dengan adanya penyelenggaraan ini juga akan menambah wawasan bagi saudara-saudari terutama dalam menyikapi perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat,” tegas M Ikhsan Ahyat.

Dalam kesempatan ini, Sekda menghimbau kepada saudara-saudari sekalian agar dapat mengikuti diklat sampai dengan selesai secara patuh, penuh perhatian dan keseriusan karena disiplin itu hendaknya dimulai dari pribadi kita diri sendiri,” demikian pungkas M Ikhsan Ahyat.

Sebelumnya, Kepala BKPSDM Drs Irfan Kamal MSi dalam laporanya mengatakan, adapun jumlah peserta diklatpim Tingkat IV angkatan IV ini adalah sebanyak 40 orang peserta terdiri dari 32 orang laki-laki dan 8 perempuan yang merupakan pegawai negeri sipil yang telah menduduki jabatan eselon IV.

“Diklatpim Tingkat IV angkatan IV ini dilaksanakan selama 105 hari dari tanggal 21 Maret sampai dengan tanggal 9 Juli 2019 dengan metode pembelajaran On Campus selama 33 hari dan off campus (kembali ke instansi) selama 66 hari kerja dan juga melaksanakan bench marking kekabupaten/kota disalah satu provinsi di pulau sumatera selama 5 hari,” demikian pungkas Irfan Kamal.

Sementara itu, mewakil Kepala BKSDM Aceh Drs Zufrizal MSi dalam sambutannya mengatakan, dalam penyelenggaraan diklatpim tingkat IV angkatan IV seperti ini peserta dituntut untuk menunjukan kinerjanya dalam merancang suatu perubahan yang terkait dengan arah kebijakan sektoral, wilayah dan isu strategis nasional dan selanjutnya memimpin perubahan tersebut.

“Kemampuan memimpin perubahan inilah yang kemudian menjadi tolak ukur dalam menentukan keberhasilan peserta semua dalam penyelenggaraan diklatpim Tingkat IV, ini diharapkan dapat menghasilkan alumni yang tidak hanya memiliki kompetensi tetapi juga mampu menunjukan kinerjanya dalam memiliki perubahan yang mempunyai kemampuan kepemimpinan adaptif dan daya inovatif yang tinggi,“ demikian tegas Zufrizal. *JUA