Plt Bupati Asahan Sampaikan 3 Makna Nuzul Qur’an

Teks Foto: Para jamaah Mesjid Raya Kisaran pada Malam Nuzul Qur'an. *hariancentral.com - Ali Akbar

Asahan – hariancentral.com: Ada 3 makna yang terkandung dalam peringatan Nuzul Qur’an. Yang pertama, membudayakan masyarakat membaca kitap suci Al Qur’an. Kedua, masyarakat mampu menguasai ilmu dan teknologi. Dan ketiga, masyarakat dapat berpikir logis dan bertindak sesuai hukum.

Hal ini diungkapkan oleh Plt Bupati Asahan H Surya BSc saat mengahadiri malam Nuzul Qur’an di Mesjid Raya Kisaran bersama dengan Dandim 0208/ AS, Danyonif 126/KC/ Mewakili, Ketua FKUB, Ketua Imtaq, Tokoh Pemuda, para Asisten dan OPD, Senin (20/05/19).

Surya juga mengatakan membaca Al Qur’an harus dipupuk sejak dini dan dijadikan kebiasaan sehari-hari masyarakat. Bukan hanya sekedar dapat membaca, masyarakat juga harus tahu arti dan mengamalkan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

“Selain punya makna spritual peningkatan ibadah, makna kedua Nuzuul Qur’an juga memiliki makna sosial. Momentum ini dapat menjadikan umat yang menguasai ilmu dan pengetahuan,” ujar Surya.

Surya mengatakan segala sesuatu yang tersimpan di dalam Al Qur’an semakin sering kita menulis dan membaca Al Qur’an kita jadi lebih paham dengan ilmu serta ajaran yang terkandung didalamnya. Oleh karena itu kita diajarkan untuk banyak-banyak membaca Al Qur’an.

Diakhir pidatonya Surya menyampaikan bahwa Nuzul Qur’an juga punya makna pemersatu umat. Sebagai sumber dan pedoman umat yang utama, umat Islam seluruh dunia membaca Al Qur’an dengan cara dan bahasa yang sama.

Pada malam Nuzul Qur’an ini para jamaah Mesjid Raya Kisaran diberikan tausiyah agama oleh Al Ustad Muhammad Yasir Tanjung MA dari Medan. *AA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here