Perempuan Karo Harus Tangguh dan Bijaksana

Teks Foto: Pemotongan tumpeng oleh Bupati Karo dan diberikan kepada Ketua Umum Panitia hari Kartini Ny Sariati Terkelin. *hariancentral.com - Kalvin Ginting

Kabanjahe – hariancentral.com: Perayaan hari Kartini lingkungan pemerintah Kabupaten Karo, ke- 140 tahun 2019 dilaksanakan, Sabtu (27/04/19) pukul 10.00 WIB di Gedung Pendopo jalan Veteran Kabanjahe.

Dalam sambutannya Bupati Karo Terkelin Brahmana menyampaikan dengan momentum peringatan Hari Kartini, diharapkan para perempuan Indonesia khususnya perempuan di Kabupaten Karo, semakin kuat dan tangguh serta bijaksana, baik sebagai seorang istri, seorang Ibu, seorang karyawati maupun sebagai seorang masyarakat yang baik dan berkepribadian.

Melihat situasi di Karo “kartini-kartini” sudah cukup berprestasi, kenapa saya katakan demikian!, dirinya mengakui saat sekarang ini dapat kita lihat ada sebagai ketua DPRD Karo dan wakil ketua DPRD karo serta duduk sebagai anggota DPRD Karo, didominasi kalangan kaum perempuan.

Jumlahnya cukup lumayan, Ini menandakan kaum perempuan sudah memiliki hak yang sama kesetaraan dengan laki laki, dalam bidang pemerintahan, terangnya.

“Seandainya prediksi saya tahun 2019 ini  jabatan strategis dalam lingkup DPRD Karo dipegang kaum perempuan, bayangkan seumpama Ketua dan Wakil Ketua  DPRD Karo ditambah Wakil Bupati Karo saat sekarang ini dari kaum perempuan, hitung hitung jika rapat berlangsung di DPRD karo saya dikelilingi kartini kartini yang luar biasa, ucap Bupati dan langsung disambut dengan tepuk tangan para tamu undangan yang hadir.

Untuk itu, saya minta kepada panitia agar tahun – tahun berikutnya kegiatan seperti ini lebih semarak dan meriah lagi, kalau bisa tepat waktu, jangan saat sekarang ini sudah lewat waktunya baru diperingati, akhirnya kurang sinkronisasi, namun demikian bukan berarti  mengurangi  makna, alangkah bagusnya tahun akan datang panitia tepat waktu dan libatkan semua organisasi kaum perempuan di Kabupaten Karo ini, tandasnya.

“Sementara ketua umum  panitia hari kartini Ny Sariati Terkelin Brahmana menyampaikan terimakasih dukungan dari Pemkab Karo, Forkopimda, stakeholder dan pemangku kepentingan lainnya, sehingga terselenggaranya acara ini dengan meriah dan sukses,” katanya

Lanjutnya, pelaksanaan hari KARTINI Ke -140 tahun 2019 ini memaknai  dengan tema “Mewujudkan Wanita Yang Sehat dan Tangguh di Era Ekonomi Digital”.

Dalam menghadapi era ekonomi digital ini peran kita para perempuan /ibu harus dapat meningkatkan kualitas keluarga melalui peningkatan kesehatan keluarga, sehingga tercipta generasi millenial yang sehat dan tangguh, ucap Sariati.

Sedangkan, panitia penyelenggara hari Kartini kepala dinas PPPA Kabupaten Karo dr Hartawati Br Tarigan menerangkan, sebelumnya Jumat (26/04/19) melalui kegiatan Bhakti Sosial  secara langsung kami lakukan, sudah menyentuh kaum perempuan dan anak-anak khususnya, saya akan berusaha untuk tahun berikutnya perayaan hari KARTINI lebih berperan aktif lagi memunculkan karya Inovasi melalui kelompok-Kelompok organisasi perempuan dalam meningkatkan produk -produk Industri Rumahan dan Modern untuk meningkatkan ekonomi keluarga, ucapnya.

Kedepan, kegiatan ini akan lebih semarak lagi kita lakukan, sesuai saran, masukan dan dorongan dari unsur penyelenggara pemerintah daerah, stakeholder dan pemangku kepentingan lainnya tadi,kiranya  di tahun 2020 durasi acara diadakan selamai 2 atau 3 hari, menjadi atensi dan referensi kami selaku panitia, imbuhnya.

Usai acara dilakukan pemotongan tumpeng oleh Bupati Karo dan diberikan kepada Ketua Umum Panitia hari Kartini Ny Sariati Terkelin Brahmana, sebagai simbol memperingati hari Kartini ke-140 di Kabupaten Karo disaksikan Ketua Persit Dim 0205 /TK, Ny Taufik Rizal, Ketua Persit 125/Smb Ny Anjuanda Pardosi, Ketua Bhayangkara, Wadanyon 125/Smb, Pasi Pers Dim 0205/TK Kapten Inf Bangkit Hutahean, Pengadilan Negeri Kabanjahe, para OPD Kabupaten Karo, dan para Ketua organisasi perempuan Se-Kabupaten Karo. *KG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here