Pemkab Pakpak Bharat Bersama USU Lestarikan Pohon di Sepanjang DAS

Pakpak Bharat – harianCentral.com : Sebagai wujud pelestarian lingkungan serta meminimalisir terjadinya abrasi sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS), Pemkab Pakpak Bharat bekerjasama dengan Magister Agroteknologi FP USU, melakukan kegiatan penanaman pohon yang berfungsi sebagai pelindung dan penahan tanah.


Penanaman pohon dengan jenis Matoa (Pometia pinnata) dan Aren/Enau (Arenga pinnata) dilakukan secara simbolis oleh Pj. Bupati Pakpak Bharat, Dr. H. Asren Nasution, MA, bersama anggota DPRD, Juanda Banurea, di Lae Temberkuh, Kecamatan Siempat Rube, pada Selasa (09/07), dengan turut disaksikan Dosen Pembimbing mahasiswa, Prof. Rauf, dan pegiat lingkungan, Dewi Budiati, serta para mahasiswa Magister Agroteknologi USU.


Pj. Bupati yang didampingi Ka. Dinas Pertanian, Sunardi, SP, dan Ka. Dinas Pariwisata, Bambang S. Banurea, menyambut baik penanaman pohon ini, karena selain berguna untuk mencegah kerusakan lingkungan, hasil dari pohon ini seperti buahnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Asren Nasution juga berharap sinergitas antara kalangan akademisi dengan pemerintah tidak sebatas ini saja, tetapi kalau bisa ditingkatkan, mengingat kalangan akademisi dapat menjadi think tank pemerintah dalam memberi masukan-masukan yang berarti demi kemajuan suatu daerah.


Kepedulian dari institusi pendidikan seperti ini terhadap kondisi suatu daerah, menurut Pj. Bupati, layak diapresiasi. “Semoga semakin banyak institusi yang menunjukkan rasa care dan awareness-nya, selain bagian dalam pemberdayaan masyarakat, juga merupakan pengewajantahan rasa kegotongroyongan yang sudah dimiliki bangsa kita sejak dulu”, pungkasnya. (boang)