Diskominfo Asahan Gelar Sosialisasi Kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi

Asahan – hariancentral.com: Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi atau yang disebut juga dengan PPID berfungsi sebagai pengelola dan penyampai dokumen yang dimiliki oleh badan publik sesuai dengan amanat UU 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).
Dengan keberadaan PPID maka masyarakat yang akan menyampaikan permohonan informasi lebih mudah dan tidak berbelit karena dilayani lewat satu pintu.
Teks Foto: Peserta PPID Kabupaten Asahan. *hariancentral.com -Ade Utari
Untuk mendalami dan lebih memahami tentang tupoksi PPID maka Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Asahan menggelar sosialisasi yang diadakam di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Rabu (13/02/19).
Pada kegiatan sosialisasi yang membahas tentang Keterbukaan Informasi Publik ini Bupati Asahan menyampaikan pidato tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Asahan Drs John Hardi Nasution MSi yang mengatakan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini sangat pesat terutama perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan perubahan dan kemudahan dalam kehidupan manusia.
“Maka dari itu kita harus dapat mengikuti perkembangan teknologi sehingga kita tidak ketertinggalan dalam mendapatkan sebuah informasi,” ujar John.
John juga mengatakan bahwa setiap manusia dalam kehidupan sehari-harinya dikelilingi oleh teknologi, terlebih lagi dalam mendapatkan informasi dan komunikasi yang dapat dilakukan tanpa batas oleh setiap manusia sehingga informasi dapat diperoleh dengan cepat dan mudah.
“Sejalan dengan tuntutan ini maka pemerintah harus berpartisipasi dalam mempergunakan teknologi seperti penggunaan internet sebagai salah satu sarana dalam melaksanakan tugas melayani masyarakat serta menjalin silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakat,” ujarnya.
John juga mengatakan Sesuai dengan UU Nomor 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Pemerintah Kabupaten Asahan menjabarkan dengan mengeluarkan Keputusan Bupati Nomor 283-Kominfo-2017 tentang penetapan PPID, dimana ditetapkan 1 orang pejabat sebagai PPID utama dibantu seluruh OPD dan kecamatan.
“Pejabat yang ditunjuk sebagai PPID pembantu yakni para Sekretaris OPD, Kabag, Kasubag dan Sekcam,” ujar John.
Kepada para PPID John berharap untuk dapat memahami teknis pelaksanaan UU Nomor 14 tahun 2008 tentang KIP.
Narasumber Iwan Sutani Siregar SSTP MSi dari Diskominfo Pemprovsu dengan judul materi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan Kadis Kominfo Asahan, H Rahmat Hidayat Siregar SSos MSi dengan judul penguatan kinerja PPID. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara peserta dengan narasumber. *AU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here