Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Gelar Sosialisasi Pengelolaan Lumpur Tinja

Teks Foto: Staf Ahli Bupati Asmunan saat membacakan pidato Bupati Asahan. *hariancentral.com - Ali Akbar

Asahan – hariancentral.com: Pemerintah Kabupaten Asahan telah memiliki Instalasi Pengelolaan Lumpur Tinja (IPLT) yang terletak di Jalan Terong Kelurahan Siumbut-Umbut Kecamatan Kota Kisaran Timur dan mulai beroperasi tahun 2017, meski dalam pemanfaatannya belum optimal dikarenakan kendaraan operasional sedot tinja yang belum memadai.

Hal ini diungkapkan Staf Ahli Bupati Asmunan SPd saat membacakan pidato tertulis Bupati Asahan pada acara sosialisasi penyelenggaraan dan pengelolaan lumpur tinja di Hatel Marina Kisaran, Rabu (27/03/19).

Selain itu Asmunan juga mengatakan bahwa peran dari IPLT dalam mendukung Visi dan Misi Kabupaten Asahan “terwujudnya Asahan yang religius, sehat, cerdas dan mandiri” sangatlah penting, dalam hal ini khususnya mewujudkan Asahan yang sehat.

Asmunan juga mengatakan pengelolaan lumpur tinja yang tepat guna dan ramah lingkungan sangatlah penting, selain membuat lingkungan dan masyarakat menjadi sehat juga meminalisir timbulnya bibit-bibit penyakit yang bersumber dari kotoran manusia seperti diare, kolera, disentri, cacingan dan sebagainya.

“Jika tinja tidak diorganisir pengelolaannya dengan baik, maka akan menjadi bagian dari mata rantai penularan penyakit sebab siklus penyakit dimulai dari tinja yang banyak mengandung mikro organisme patgogen dan berbahaya bagi tubuh manusia,” ujar Asmunan.

Asmunan berharap kiranya kegiatan ini dapat dimanfaatkan secara maksimal sebagai penambah wawasan dan pemahaman kita serta dapat merubah prilaku hidup kita selama ini tidak atau kurang peduli dengan lingkungan sekitar menjadi lebih proaktif dalam upaya peningkatan penyehatan lingkungan permukiman.

“Dan kepada peserta yang hadir diharapkan dapat menularkan apa yang didapat pada pertemuan sosialisasi ini kepada masyarakat sekitar,” ujar Asmunan diakhir pidatonya.

Selaku panitia pada pelaksanaan kegiatan sosialisasi penyelenggaraan dan pengelolaan lumpur tinja, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman M Azmy Ismail AP MSi melaporkan bahwa tujuan kegiatan ini yakni memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang manfaat dan peran IPLT Kabupaten Asahan kepada masyarakat, meningkatkan kesadaran kita dalam upaya penyehatan lingkungan dan masyarakat dengan pemanfaatan IPLT secara optimal, meningkatkan peranan dan inovasi dalam upaya pengoptimalkan kinerja IPLT melalui pelayanan lumpur tinja terjadwal serta hasil pengelolaan IPLT dan adanya inisiatif untuk menindak lanjuti dan meningkatkan hasil kegiatan sosialisasi penyelenggaraan dan pengelolalaan lumpur tinja.

Azmy juga mengatakan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Asahan dalam sosialisasi ini memberikan narasumber untuk menyampaikan materi kegiatan sosialisasi penyelenggaraan dan pengelolaan lumpur tinja kepada para peserta sosialisasi yaitu dari Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, Kadis Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Asahan M Azmy Ismail AP MSi, Kasi Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan Elyda Hanum, Kabid Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Asahan Joni Perdamaian Barus SE dan Kabid Dalduk Penyuluhan dan Penggerakan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Asahan Abdul Hasyim Pohan SAg. *AA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here