Andi Lumbangaol: Kepling Jaga Netralitas, Jangan Jadi Timses Caleg

Medan – hariancentral.com: 21 hari menjelang pemilihan Presiden/ Wakil Presiden dan anggota legislatif, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan berharap para kepala lingkungan dapat bersikap netral terhadap warganya dan tidak berusaha untuk mempengaruhi ataupun mengarahkan salah satu Caleg.

Hal ini untuk menghindari rasa apatis (tidak acuh) warga terhadap para caleg, karena merasa ada unsur paksaan. Demikian dikatakan anggota DPRD kota Medan, Andi Lumbangaol SH saat diminta tanggapannya terkait kepling yang turut menjadi tim sukses para caleg, Kamis (28/03/19).

Kepala Lingkungan (Kepling) menurut Andi harus bersikap bijak dan jangan mau diintervensi termasuk dipengaruhi oleh para Caleg. Karena Kepling juga dilantik dan memiliki SK dari Walikota sehingga tidak boleh menjadi tim sukses salah satu calon.

“Masyarakat saat ini sudah pintar, sehingga sudah mengetahui mana yang baik dan betul-betul maju untuk membela kepentingan dan membantu masyarakat kecil,” terang anggota komisi B ini.

Anggota komisi A ini mengingatkan, lebih baik para Kepling tetap fokus menjalankan tugas-tugasnya membantu Lurah dan Camat di lingkungannya masing-masing, karena masih sangat banyak tugas Kepling yang harus dikerjakan sebagai perpanjangan tangan aparatur pemerintahan pemko Medan.

“Di dalam Undang-Undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 sudah ditegaskan, dalam UU ini, Pemilu dilaksanakan berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Dan dalam menyelenggarakan pemilu, penyelenggara pemilu harus melaksanakan Pemilu berdasarkan pada -asas sebagaimana dimaksud, dan penyelenggaraannya harus memenuhi prinsip yaitu mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, profesional, akuntabel, efektif dan efisien. *AG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here