Aceh Timur Laksanakan Musrembamng TA 2020, Aceh Masih Termiskin Di Sumatra

Teks Foto : Wakil Bupati Aceh Timur, Syahrul Bin Syama’un, sedang memberikan kata sambupatan ketika membuka acara Musrembang kabupaten Aceh Timur Tahun anggaran 2020 di Aula gedung serbaguna Pendopo Bupati Aceh Timur, Idi, Selasa (19/03/19). *hariancentral.com - Juanda

IDI – hariancentral.com: Pemerintah Kabupaten Aceh Timur melalui Badan Perencaaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aceh Timur menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) RKPK (Rencana Kerja Pembangunan Kabupaten) Aceh Timur Tahun 2020. Musrembang RKPK tersebut di gelar di gedung aula Serbaguna Pendopo Idi, Selasa (19/03/19).

Dalam kontek pembangunan yang berkelanjutan, Aceh memiliki kemampuan fiskal yang tinggi, tetapi Aceh masih memiliki banyak permasalahan dalam pembangunan yang tidak terselesaikan. Sampai saat ini, Aceh masih menghadapi beberapa kendala utama yang harus dituntaskan diantara lain masih tingginya tingkat kemiskinan yakni 15,68% dan ini merupakan angka tertinggi di Sumatra, angka pengangguran sebesar 6,36% angka ini merupakan angka tertinggi kedua di Sumatra dan ketimpangan wilayah antar kabupaten/Kota terendah ke 4 di Sumatra dan rendahnya pertumbuhan ekonomi yang hanya 5,43% yang merupakan angka terendah ke tiga untuk Sumatra. Hal ini dikatakan oleh Kepala Bappeda provinsi Aceh yang diwakili oleh Kabid P2EK, Martunis ST DEA ketika berlangsung acara pembukaan Musrembang Kabupaten Aceh Timur.

Adapun peserta musrembang RKPK adalah anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPRK) Kabupaten Aceh Timur, Kepala Badan, Dinas, Kantor dan kepala Bagian Sekretaris Daerah, Instasi terkait, para camat, perwakilan keuchik, Tuha Peut dan tokoh-tokoh masyarakat.

Sementara itu, Wakil Bupati Aceh Timur, Syahrul Bin Syama’un dalam amanatnya mengatakan  Musrembang RKPK Aceh Timur Tahun Anggaran 2020 merupakan musyawarah yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Aceh Timur, untuk memecahkan berbagai berbagai masalaha dan tantangan pembangunan yang harus dapat diselesaikan secara bersama-sama antar lembaga pemerintah baik eksekutif maupun legislatif. Dalam forum ini, Wakil Bupati Aceh Timur juga mengintruksikan kepada semua Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memperioritaskan usulan program/kegiatan serta pokok-pokok pikiran anggota DPRK Aceh Timur sebagai konsolidasi/penguatan program dan kegiatan prioritas hasil Musrembang Gampong dan Musrembang Kecamatan Tahun 2019 kedalam usulan Rencana Kerja Perangkat daerah untuk Tahun Anggaran 2020 melalui berbagai sumber pendanaan baik yang bersumber dari APBK, APBA maupun APBN. 

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Acerh Timur juga mengharapkan kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Aceh melalui Kepala bappeda Aceh untuk dapat mengawal usulan-usulan program/kegiatan dari Kabupaten Aceh Timur agar terakomodir baik dari sumber dana APBA, APBN atau sumber-sumber pendanaan lainnya, karena usulan kegiatan yang sudah diusulkan ini ke Provinsi merupakan usulan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Aceh Timur” pungkasnya. *JUA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here