Jaga Resapan Air, PDAM Tirtanadi Tanam 300 Pohon di Hutan Sibolangit

Fauzan Nasution saat menanam pohon secara simbolis

hariancentral.com | MEDAN :  PDAM Tirtanadi Sumatera Utara (Sumut) menanam 300 pohon di hutan lindung Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang.
Simbolis penanaman pohon tersebut dilakukan Direksi PDAM Tirtanadi bersama Forum Wartawan Tirtanadi (Forwadi), Wapolsek Sibolangit, di areal Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sibolangit, Rabu (12/08/2020).

Secara simbolis, Direktur Air Limbah( Fauzan Nasution), Dewan Pengawas ( Silmi), Ketua Forwadi (Amrizal) dan Wakapolsek Sibolangit, bergiliran menanam sebatang pohon Akasia, Durian Montong, Ketapang dan Mangga.

Direktur Air Limbah PDAM Tirtanadi, Fauzan Nasution, mengatakan penanaman 300 pohon ini, dilakukan untuk penghijauan. Mengembalikan kelestarian ekosistem lahan dengan menanam pohon produktif.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan konservasi ini, bisa menghijaukan hutan dengan pohon-pohon produktif,” katanya.

Walau yang ditaman bermacam jenis pohon seperti Akasia, Durian, Ketapang, Mangga dan lainnya. Namun, tujuan utamanya untuk konservasi dan penghijauan.

Dengan penanaman beraneka jenis pohon di hutan lindung Sibolangit ini, diharapkan dapat memperluas wilayah resapan air di sumber mata air PDAM Tirtanadi tersebut.

Penanaman pohon tetsebut, juga merupakan bagian dari komitmen perusahaan, untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan.

Sekaligus menjaga daerah resapan dan sumber mata air, yang digunakan PDAM Tirtanadi.

Disebutkan, Hutan Sibolangit yang menjadi lokasi penanaman pohon, adalah bagian dari wilayah resapan air yang menjadi sumber utama air PDAM Tirtanadi.

Menurut sejarah, hutan Sibolangit khususnya desa Rumah Sumbul telah menjadi sumber mata air untuk PDAM Tirtanadi, sejak pertama kali dibangun Kolonial Belanda sekitar tahun 1905.

PDAM Tirtanadi dibangun oleh Pemerintahan Kolonial Belanda pada tanggal 8 September 1905, yang diberi nama NV Waterleiding Maatschappij Ajer Beresih.

Saat ini, air yang diambil dari sumber utama mata air Sibolangit, memiliki kapasitas 600 liter/detik.

Air tersebut ditransmisikan ke Reservoir Menara, yang terletak di kantor Pusat PDAM Tirtanadi Jl Sisingamangaraja Medan saat ini.

Karena itu, sebagai sumber utama mata air PDAM Tirtanadi, perusahaan berkomitmen merawat kelestarian hutan di sekitarnya.

Menjaga resapan air di wilayah hutan lindung Sibolangit, dengan kegiatan konservasi hutan berupa penanaman aneka pohon. *pul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here