Akhyar : Jangan Ada Bantuan Tumpang Tindih

hariancentral.com | MEDAN : Bantuan Sosial (bansos) tahap II terus digulirkan kepada masyarakat Kota Medan yang membutuhkan terutama yang terdampak Covid-19. Bansos berupa paket yang berisikan beras sebanyak 20kg dan gula sebanyak 2kg ini telah disalurkan Pemko Medan sejak tanggal 16 Mei 2020 lalu. Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi pun secara terus menerus memantau penyaluran bansos ini dan memastikan sampai ke tangan masyarakat dan tepat sasaran.

Hari ini, Sabtu (30/5) giliran penyaluran bansos kepada masyarakat link. VI Kelurahan Pasar Merah Timur, Kec. Medan Area, yang dikunjungi Akhyar. Pendistribusian bantuan yang ditempatkan di jalan Megawati, Gg. Damai Link. VI  berjalan dengan lancar dan tertib. Masyarakat yang ingin mengambil bantuan juga diwajibkan menggunakan masker dan tetap menjaga jarak antrian.

Kepada Camat Medan Area dan jajarannya Plt Wali Kota Medan tersebut juga mengingatkan agar mendata secara detail masyarakat yang akan menerima bantuan supaya tidak terjadi tumpang tindih. Sebab, bantuan yang digulirkan kepada masyarakat saat ini dari berbagai sumber, selain Pemko Medan, bantuan juga datang dari Kementerian Sosial (Kemensos). Untuk itu, Akhyar berharap masyarakat tidak memperoleh bantuan yang ganda sehingga seluruh bantuan dapat diterima secara lebih merata.

“Camat dan lurah diharapkan lebih pro aktif dalam mendata masyarakat yang menerima bantuan tersebut. Jangan terjadi penerima ganda, sehingga diharapkan seluruh bantuan yang ada cukup bagi seluruh masyarakat. Bagi masyarakat sendiri, jika sudah menerima bantuan dari Kemensos kami mohon jangan lagi mengambil bantuan yang dibagikan Pemko Medan, kita sama-sama berbagi. Namun, apabila ada masyarakat yang sudah terdaftar PKH sejak 2017 tetapi belum mendapatkan bantuan, saya minta Camat dan Lurah untuk melakukan pendataan ulang namun tetap dengan pertanggungjawaban yang benar,” ungkap Akhyar.

Kesempatan itu, Akhyar yang hadir didampingi Kabag Humas, Arrahman Pane, S.STP.MAP dan Camat Medan Area, Hendra Asmilan, S.IP.MAP, mengaku senang dan berterima kasih kepada pihak kecamatan dan kelurahan yang melaksanakan penyaluran bansos dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

“Alhamdulillah, pelaksanaan penyaluran bansos ini telah mengikuti protokol kesehatan yang ketat, masyarakat dan petugas wajib mengenakan masker serta tetap menjaga jarak aman ketika mengantri. Insya Allah, bantuan ini dapat sedikit meringankan beban warga yang kurang mampu dan terdampak Covid-19. Mari kita mendoakan semoga wabah ini lekas berlalu dan kita dapat leluasa bekerja dan berusaha seperti sediakala,” ujar Akhyar.

Akhyar juga tidak henti-hentinya mengimbau masyarakat untuk tetap mengenakan masker saat berada di luar rumah. “Saya mengimbau agar masyarakat tetap menggunakan masker saat beraktivitas diluar rumah jadikan hal ini menjadi kebiasaan. Apalagi sebentar lagi kita akan menjalani kehidupan normal baru (new normal). Mari kita biasakan untuk menjalani Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), menjaga jarak aman, mengenakan masker, selalu mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin dan mengikuti protokol kesehatan setiap beraktivitas dimana pun serta saat kembali ke rumah masing-masing,” jelas Akhyar disela-sela memberikan bantuan.

Sementara itu Camat Medan Area, Hendra Asmilan,S.IP.MAP menjelaskan hari ini penyaluran dilakukan di dua lingkungan yaitu lingkungan VI dan XIII Kelurahan Pasar Merah Timur. Khusus untuk lingkungan VI penerima bantuan sebanyak 213 KK. Hendra berharap bantuan dari Pemko Medan tahap II ini dapat diterima dengan baik dan lebih bermanfaat. “Semoga bantuan ini dapat bermanfaat. Bantuan tahap II ini merupakan lanjutan dari tahap I artinya bagi warga yang telah menerima di tahap I dapat menerima kembali untuk tahap II. Namun jika ada warga yang telah menerima bantuan dari pusat maka bantuan tahap II nya akan dialihkan kepada masyarakat lain yang juga membutuhkan,” pungkas Hendra.*je

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here