dr. Elysa Barus : “Zat Katekin pada Gambir tingkatkan Immunitas tubuh Cegah Corona”

hariancentral.com | Pakpak Bharat: Salah satu upaya pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Pakpak Bharat, direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Salak,dr Elysa Barus, Kamis pagi (19/03), menghimbau masyarakat Pakpak Bharat untuk mengkonsumsi ekstrak gambir.

Hal ini juga telah disampaikan oleh dr Elysa Barus, saat pelaksanaan rapat antara Pemkab Pakpak Bharat bersama Forkompimda terkait penanganan dan pencegahan Covid-19.pada Rabu kemarin (18/03) di pendopo Bupati Pakpak Bharat

Menurut dr Elysa Barus,Kamis (19/03), Gambir yang banyak ditanam oleh para Petani di Kabupaten Pakpak Bharat serta sangat gampang didapat masyarakat tersebut, memiliki kandungan zat Katekin yang sangat tinggi. Zat Katekin (catechin) adalah segolongan metabolit sekunder yang secara alami dihasilkan oleh tumbuhan dan termasuk dalam golongan flavonoid. Senyawa ini memiliki aktivitas antioksidan berkat karena gugus fenol yang dimilikinya.

Zat katekin yang terdapat pada Gambir tersebut berfungsi sebagai antioksi,oksidan, anti radang dan meningkatkan kemampuan immunitas dari tubuh manusia.

“Zat katekin yang terdapat pada Gambir bisa meningkatkan Immunitas atau kekebalan tubuh manusia agar tidak rentan terhadap suatu penyakit dan membuat tubuh kita menjadi sehat. Maka saran saya agar mengkonsumsi gambir agar tubuh kita tetap Fit apalagi gambir banyak ditanam para petani kita di Pakpak Bharat ini jadi sangat gampang kita mendapatkannya ” jelas dr Elysa Barus.

Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat melalui Perusahaan milik Pemkab Pakpak Bharat, Pakpak Argo Lestari, langsung membagikan ratusan kotak gambir yang sudah diolah berupa bibit teh dan ekstrak gambir secara gratis kepada masyarakat, Kamis sore (19/03) di wilayah Pakpak Bharat.

Ratusan kotak daun gambir yang dikemas benbentuk teh celup dan ekstrak gambir tersebut, dibagikan ke pusat pasar terbesar di Kabupaten Pakpak Bharat dan ke rumah rumah penduduk serta lokasi lainnya.

” Sesuai dengan pernyataan dari pihakRSUD Salak Pakpak Bharat tersebut, kami sebagai perusahan daerah langsung merespon hal ini dengan membagikan ratusan kotak teh gambir dan ekstrak gambir ke pada masyarakat secara gratis. Pembagian ini sebagai bentuk kepedulian kami untuk membantu masyarakat dalam hal antisipasi dan pencegahan penyebaran virus corona” kata direktur PD PAL Pakpak Bharat, Tigan Solin,SE.(D53)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here