Kemenag dan Polres Asahan Bersinergi

Share it:
Teks Foto: Wakapolres Asahan Kompol M Taufik SE MH dan Kakanmenag Asahan Dr Hayatsyah MPd, ketika kegiatan Penguatan Sinergitas Dalam Menjaga Kebersamaan Umat di Aula Wirasatya Lantai 2 Polres Asahan, Selasa (15/1/19). *hariancentral.com - Ade Utari

Asahan - hariancentral.com: Kementerian Agama Kabupaten Asahan bersinergi dengan Kepolisian Resor Asahan membuat suatu kegiatan Penguatan Sinergitas Dalam Menjaga Kebersamaan Umat, dengan tujuan agar umat beragama saling guyub, rukun dan saling toleransi. Kegiatan dilaksanakan di Aula Wirasatya Lantai 2 Polres Asahan, Selasa (15/1/19).

Kapolres Asahan yang diwakili Wakapolres Asahan Kompol M Taufik SE MH dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan yang melibatkan umat beragama dengan satu tujuan kebersamaan dan beliau sangat mengharapkan bahwa dengan kegiatan ini peserta dapat mengerti dan dapat memberikan pengertian kepada lainnya bahwa keamanan daerah dan lingkungan tinggal merupakan tanggung jawab dari masyarakat setempat selain merupakan tugas utama Polri untuk menjaga keamanan masyarakat Indonesia. Artinya untuk menjaga keamanaan harus ada kebersamaan agar negara kita bisa aman dan kondusif sehingga ketentraman dapat dirasakan.

Mengenai berita hoax, Wakapolres Asahan juga menyampaikan agar antisipasi karena dapat memecah belah bangsa, khususnya umat beragama, kita harus dapat mengenali mana indikasi hoax menjurus adu domba yang dapat mengakibatkan kehancuran suatu peradaban, apalagi berita adu domba tersebut dibungkus dengan ayat, ucapnya.

“Yang terpenting adalah dapat mengantisipasi diri untuk tidak memviralkan berita yang sifatnya mengandung ujaran kebencian, fitnah dan berita bohong/ hoax yang dapat memecah belah persatuan, terutama saat berita tersebut didapat dari media sosial smartphone," tegasnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Asahan Dr H Hayatsyah MPd dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kapolres Asahan yang telah memfasilitasi kegiatan baik tempat maupun konsumsi peserta sebanyak dua ratus orang, terdiri dari pejabat struktural Kankemenag Asahan, Kepala KUA Kecamatan, Kepala madrasah negeri dan swasta, pengawas, penyuluh PNS maupun non PNS beserta IGRA Asahan.

Menjaga kebersamaan umat itu wajib, tidak ada saling benci antar umat beragama . Kebersamaan dan saling toleransi antar umat beragama merupakan hal indah yang patut ditimbulkan dalam diri, keluarga dan masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, menghormati perbedaan agama, budaya dan suku sebab Indonesia memang beragam dan majemuk, imbuhnya.

Kakankemenag sangat mengharapkan agar seluruh yang berhadir dalam mengikuti kegiatan dapat lebih memahami bagaimana bermedia sosial yaang benar dan sehat serta mampu memberikan panduan dan parameter kepada keluarga dalam bermedia sosial sehinga mereka tahu apakah berita tersebut hoax atau adu domba.

Usai sambutan dari Waka Polres Asahan dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Asahan dilanjutkan dengan paparan pertama oleh Kasat Intel AKP Cholis Alpan SH tentang wawasan kebangsaan dalam toleransi antar umat beragama, paparan kedua oleh Kasat Narkoba yang diwakili oleh Kaurmin Sat Narkoba IPDA Doli Silaban SH tentang pencegahan narkoba dan paparan ketiga oleh Caleg DPRRI H Usman Efendi Sitorus MA tentang strategi menjaga kebersamaan umat dalam rangka meningkatkan wawasan kebangsaan. *AU
Share it:

Asahan

Post A Comment:

0 comments: