Ujian SKD CPNS Aceh Timur Dimulai

Share it:
Teks Foto: Peserta mengikuti Ujian SKD CPNS di Aula IAIN Cot Kala Langsa, Kamis (1/11/18). *hariancentral.com - Ist


IDI - hariancentral.com: Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Kabupaten Aceh Timur, dimulai Kamis (1/11/18). Direncanakan, SKD CPNS yang dipusatkan di Aula Kampus IAIN Cot Kala Langsa itu akan berlangsung hingga 11 November 2018 mendatang.

Bupati Aceh Timur H Hasballah HM Thaib SH, melalui Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Aceh Timur, Drs Irfan Kamal MSi, menjelaskan, setidaknya 4.851 peserta yang mengikuti SKD CPNS tersebut telah dinyatakan lulus seleksi adminitrasi dan seluruhnya akan mengikuti ujian melalui Computer Assisted Test (CAT).

Dijelaskan, seleksi SKD CPNS Aceh Timur akan dibagi dalam lima sesi/hari yaitu Sesi 1 dimulai Pukul 08:00 – 09:30, Sesi II dimulai Pukul 10.00 – 11.30, Sesi III dimulai Pukul 12.30 – 14.00 dan Sesi IV dimulai Pukul 14.30 – 16.00 serta Sesi V dimulai Pukul 16.30 – 18.00.

“Sebanyak 90 peserta setiap sesi akan akan mengikuti ujian CAT dan setiap peserta wajib hadir 60 menit sebelum pelaksanaan ujian dimulai,” kata Irfan Kamal.

Untuk proses registrasi peserta diharuskan membawa KTP dan kartu ujian untuk mendapatkan PIN. “Bagi peserta yang tidak hadir sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, maka dinyatakan gugur,” kata Irfan Kamal.

Tahapan pelaksanaan ujian CAT SKD, lanjut Irfan Kamal, 40 menit sebelum dimulai ujian para peserta melakukan absensi pada tempat yang telah ditentukan dan selanjutnya peserta masuk ke ruang registrasi untuk mendapatkan PIN.

“Seluruh barang-barang peserta seperti tas, HP, termasuk jam tangan, atau apapun yang berbahan logam tidak diperkenankan masuk ke dalam ruang ujian,” timpa Irfan Kamal seraya melanjutkan, sebelum ujian berlangsung peserta dikumpulkan dalam sebuah ruangan multimedia, untuk mendapatkan pengarahan tentang penggunaan aplikasi CAT langsung dari petugas BKN.

Setelah mendengar arahan, lalu peserta dipersilahkan masuk ke dalam ruangan ujian CAT SKD. “Setiap peserta diberi waktu 90 menit untuk menjawab 100 soal, terdiri dari tes karakter pribadi (TKP) sebanyak 35 soal, tes intelegensia umum (TIU) sebanyak 30 soal dan tes wawasan kebangsaan (TWK) sebanyak 35 soal.

Irfan Kamal juga mengatakan, untuk nilai dari jawaban materi TIU dan TWK berjumlah 5 jika dijawab benar. Setiap peserta dituntut untuk mendapatkan nilai ambang batas (passing grade) yaitu, TKP sebesar 143, TIU sebesar 80, dan TWK sebesar 75. “Ini sesuai Permenpan Nomor 37 Tahun 2018 tentang nilai ambang batas SKD,” terangnya.

Peserta dan masyarakat dapat melihat hasil ujian pada layar monitor yang telah tersedia langsung sesaat ujian dimulai atau juga dapat dilihat di pengumunan hasil CAT setelah ujian selesai. “Kita imbau peserta agar tidak percaya terhadap oknum-oknum yang menjanjikan bisa meluluskan CPNS, kelulusan peserta adalah prestasi peserta sendiri,” tandas Irfan Kamal. *JUA
Share it:

Aceh

Post A Comment:

0 comments: