Tim Self Assessment PTPN IV Evaluasi Penerapan GCG 2018

Share it:
Teks Foto: Rapat Evaluasi penerapan GCG di PTPN IV dipimpin langsung Dirut PTPN IV Siwi Peni, didampingi Sekretaris Perusahaan, BM Setio Baskoro dan lainnya di ruang rapat Pisifera Kantor Direksi PTPN IV. *hariancentral.com - Ist

Medan  - hariancentral.com: Implementasi Good Corporate Governance (GCG) PTPN IV pada tahun 2017 mencapai skor 93,481 dan di tahun 2016 mendapat skor 93,370 merupakan angka yang sangat tinggi, demikian disampaikan Direktur Utama PTPN IV Siwi Peni pada saat membuka rapat tim  self assessment evaluasi penerapan GCG 2018  di ruang rapat Pisifera, baru-baru ini.

Sebelumnya Siwi Peni menyampaikan secara ringkas sejarah GCG yang dimulai di Amerika Serikat tahun 1980-an, karena banyak perusahaan besar tidak terjamin hak-hak pemegang saham, sehingga muncul pemberdayaan komisaris sebagai salah satu penegakan GCG.

Di Indonesia sendiri, konsep GCG dimulai sejak krisis ekonomi tahun 1997, karena tidak dikelolanya perusahaan-perusahaan secara bertanggungjawab, serta mengabaikan regulasi dan sarat dengan praktik KKN, sebut Siwi Peni.

Dikatakan Siwi Peni juga bermula dari usulan penyempurnaan peraturan pencatatan pada Bursa Efek Indonesia yang mengatur peraturan bagi emiten dan mewajibkan untuk mengangkat komisaris independen dan membentuk komite audit tahun 1998, GCG mulai dikenalkan pada seluruh perusahaan.

Pada dasarnya disebutkan Siwi Peni bahwa GCG merupakan seperangkat peraturan yang mengatur, mengelola dan mengawasi hubungan antara pengelola perusahaan dengan stakeholders, untuk meningkatkan nilai perusahaan.

Selain Siwi Peni, juga hadir Komisaris Independen PTPN IV Osmar Tanjung sekaligus Ketua Tim Self Assessment GCG PTPN IV, Komite Audit, Komite MR dan GCG, Kepala/ Wakil Kepala Bagian, Project Manajer, Kasubag dan Staf Subag.

Osmar Tanjung mengatakan, PTPN IV akan merencanakan  Initial Public Offering (IPO) pada tahun 2020.

“Untuk menghadapi IPO, diperlukan persiapan mengenai penyusunan Laporan Tahunan atau _Annual Report_ PTPN IV yang akan menarik perhatian para investor, karena investor akan melihat PTPN IV secara jelas dari laporan tahunan selama tiga tahun terakhir,” tegas Osmar.

Sementara Sekretaris Perusahaan BM Setio Baskoro didampingi Kasubag Rudi Hartono memaparkan tentang _Self Assessment_ Penerapan GCG 2018 berbasis Keputusan Sekretaris Kementerian BUMN No. SK-16/S.MBU/2012 tanggal 6 Juni 2012, mulai dari Dasar Pelaksanaan hingga Area of Improvement/ Perbaikan.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PTPN IV, dan ditutup dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri.  *TD
Share it:

PTPN

Post A Comment:

0 comments: