PTPN IV Tabur Ikan Mas dan Gelar Perlombaan Motor di Danau Toba

Share it:
Teks Foto: Kapapoldasu, Irjen Pol Drs Agus Adrianto SH foto bersama dengan, Direktur SDM dan Umum PTPN IV, Rizal H Damanik, Bupati Simalungun, JR Saragih, dan lainnya di Pantai Bebas Parapat Kec Girsang Sipangan Bolon,Kabupaten Simalungun, Senin, (12/11/18).  *hariancentral.com - Ist

Simalungun - hariancentral.com: Dalam upaya meningkatkan kunjungan wisata di Danau Toba Parapat, PTPN IV mengambil peran dengan menabur 50 ribu bibit ikan mas sebagai upaya melestarikan keindahan Danau Toba dan berpartisipasi dalam perlombaan Kapal Motor memperebutkan Piala Kapoldasu, di Pantai Bebas Parapat Kec Girsang Simpangan Bolon Kab Simalungun, Senin (12/11/18).

Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum PTPN IV Rizal H Damanik mengucapkan terimakasih atas undangan dan kesempatan yang diberikan kepada PTPN IV, sehingga dapat berpartisipasi dalam acara yang luar biasa ini.

Secara pribadi Rizal H Damanik PTPN IV merasa bangga dengan diadakannya kegiatan perlombaan ini, karena banyak nilai positif yang dapat diambil, sungguh terlihat semangat dan antusias para pemilik/ pengusaha Kapal Motor untuk menampilkan Kapal Motornya menjadi yang terbaik.

Seperti kita ketahui, belum lama ini terjadi insiden tenggelamnya kapal motor di perairan Danau Toba, yang mungkin sedikit banyak mempengaruhi jumlah kunjungan wisatawan.

“Dengan adanya perlombaan ini, diharapkan para pemilik/pengusaha Kapal Motor dapat meningkatkan pengelolaan kapal motor baik dari segi kelaikan, keselamatan dan kebersihan (K3), sehingga dapat menghilangkan rasa kekhawatiran masyarakat maupun turis terhadap transportasi kapal motor yang ada di perairan Danau Toba ini, yang tentunya akan dapat menambah jumlah kunjungan wisatawan ke Danau Toba yang kita cintai ini,” papar Rizal H Damanik.

Keindahan Danau Toba dan Pulau Samosir sangatlah luar biasa mempesona dan sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga dan melestarikannya. “Saya sebagai putra daerah Simalungun mengajak kita semua mari hendaknya kita syukuri ciptaan Tuhan yang indah ini dengan cara pengelolaan yang lebih profesional sehingga dapat menjadikannya tujuan utama para wisatawan Internasional yang datang ke Indonesia,” ajak Rizal H Damanik.

PTPN IV juga mengapresiasi kepada seluruh pihak terutama panitia atas dedikasi dan upaya yang telah dilakukan, sehingga kegiatan ini dapat terselenggara dengan lancar dan baik, tutup Rizal H Damanik.

Kapoldasu Irjen Pol Drs Agus Andrianto, SH merasa bahagia bisa langsung hadir di Parapat, karena ia sebelumnya pernah bertugas sebagai Kapolsek Parapat (1993-1995).

Sementara Agus Andrianto mengatakan bahwa ia berupaya menggelorakan kembali daerah wisata di Parapat ini, dengan berbekal pengalaman yang diterima saat bertugas dan bergabung dengan stakeholder di Parapat.

Diyakini Agus Andrianto dengan kejadian tenggelamnya kapal motor kemarin, tidak akan menurunkan jumlah kunjungan wisata, melainkan dapat tumbuh dan berkembang karena objek wisata Danau Toba merupakan salah satu danau terbesar di dunia.

Hal ini ditandai dengan telah dikembangkannya Bandar Udara Internasional Silangit, yang terletak di Siborong-borong, Tapanuli Utara Provinsi Sumatera Utara, yang pada akhirnya nanti perekonomian daerah ini dapat tumbuh dan berkembang di sekitar Danau Toba. “Saya mengajak masyarakat yang ada di sekitar Danau Toba untuk menjaga keindahan, keamanan dan kenyamanan Danau Toba terhadap wisatawan domestik maupun manca negara,” sebut Agus Andrianto.

Sebelumnya Bupati Simalungun JR Saragih mengucapkan terimakasih atas perhatian yang cukup besar dari Kapoldasu beserta jajaran dan PTPN IV, untuk memberikan semangat kepada masyarakat yang ada di sekitar perairan Danau Toba, dalam upaya meningkatkan destinasi Danau Toba.

Ketua Panitia Kapolres Simalungun AKBP M Liberti Panjaitan SIK MM dalam laporan mengatakan bahwa perlombaan kapal motor dengan kriteria penilaian dari segi kelaikan, keselamatan dan kebersihan (K3), sesuai arahan Kapoldasu dengan maksud agar tidak terulang kembali tenggelamnya kapal di perairan Danau Toba dan untuk melestarikan keindahan Danau Toba serta meningkatkan kunjungan wisata.

Selain lomba K3 dan pelepasan 50 ribu bibit ikan mas di perairan Danau Toba, Panitia juga membagi live jacket kepada pemilik kapal yang ada di Parapat, kegiatan pasar murah, operasi bibir sumbing dan cek kesehatan gratis serta pelayanan kependudukan catatan sipil.

Dewan Juri Perlombaan Kapal Motor dari unsur Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Koorpolairud, Syahbandar Transportasi dan Politeknik Pariwisata.

Acara dihadiri Kapoldasu, Ketua Bhayangkari Poldasu, Kepala Basarnas Sumut, Pejabat Utama Poldasu, Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum PTPN IV, Bupati Simalungun, Dandim 0207 Simalungun, Kapolres Simalungun/ Humbang Hasundutan/ Karo/ Dairi/ Tapanuli Utara/ Toba Samosir dan diawali tari persembahan tor-tor Somba dari Dinas Pariwisata Simalungun serta diisi dengan hiburan artis Ibukota Style Voice Trio, Dilza dan artis mancanegara Beby Shima. *TD
Share it:

PTPN

Post A Comment:

0 comments: