Wong Chun Sen: Rumah Sakit Harus Melayani Pasien Dengan Setulus Hati

Share it:
 Teks Foto:Anggota DPRD Kota Medan, Drs Wong Chun Sen Tarigan MPd B. *hariancentral.com - Ist

Medan - hariancentral.com: Terkait verifikasi yang akan dilakukan oleh pihak BPJS Kesehatan terhadap rumah sakit yang ada di kota medan, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan, Drs Wong Chun Sen Tarigan MPd B mengatakan, bahwa pihak rumah sakit harus melayani pasien dengan setulus hati sesuai dengan standart SOP yang berlaku.

"Rumah sakit harus memberikan pelayanan terhadap pasien, salah satunya adalah keramahan yang diberikan kepada pasien. Rumah sakit harus mempunyai standart, memberikan pelayanan kepada pasien, melayani saat dirawat inap hingga akhir berobat keluar, karena, ini kaitannya dengan nyawa." kata Wong yang juga anggota Komisi B DPRD Kota Medan.

Lanjut Politisi dari Fraksi PDIP DPRD Kota Medan, hal tersebut saat dikonfirmasi secara langsung oleh wartawan di ruangannya, kantor DPRD Kota Medan, Senin (8/10/18) sekitar pukul 11.00 WIB.

Tidak hanya itu saja, rumah sakit yang profesional juga harus paham mengenai peraturan tersebut dan pihak rumah sakit juga harus melaksanakan standartnya dengan baik.

"Jangan sampai mereka lihat banyak keluhan. Contohnya pelayanan terhadap pasien yang tidak maksimal, keluhan pasien seperti saat sedang dirawat inap harus diperhatikan baik-bauk. Ini kan perlu, supaya citra dari rumah sakit itu juga ketergantungan dari pelayanan.

Jadi, pelayanan rumah sakit yang tidak profesional tidak baik itu juga mempengaruhi pasien yang akan datang ke rumah sakit. Dan juga berpengaruh terhadap BPJS, karena BPJS sebagai pihak yang membayar dana ini. Sehingga, masyarakat berpikir dan menilai bahwa karena BPJS itu lah pelayanannya menjadi tidak baik. 

Permasalahan tunggakan pembayaran juga dapat berpengaruh. Akibat tunggakan pembayaran itu, masyarakat beranggapan bahwa BPJS adalah pelayanan yang paling rendah. Sehingga, pelayanan pun paling rendah. Nah, ini kan tidak boleh terjadi," jelasnya.

Ia menambahkan, BPJS dan Dinas Kesehatan juga harus memperhatikan hal tersebut. Bagaimana agar rumah sakit yang ada dapat memiliki standart profesional yang tinggi. Sehingga, pelayanan baik asuransi, BPJS dan PBI itu harus dilayani dengan sebaik-baiknya.

Manusia itu dilayani kenapa?, karena lagi sakit butuh perhatian dan butuh pengobatan. Semua yang dibutuhkan ada didalam rumah sakit itu. Ternyata yang kita lihat bahwa, pasien-pasien BPJS mengalami depresi setelah ia masuk, karena mengalami ketidak nyamanan, karena tidak profesionalnya rumah sakit menangni mereka. 

Ini harus dirubah untuk kedepannya agar lebih baik lagi. Jadi, kalau kita sudah masuk ke rumah sakit itu, anggap saja mereka adalah keluarga kita, jangan orang lain, kalau orang lain maka mereka tidak ada hati. Nah, melayani pasien itu pakai hati, bukan harusnya dia saudara, tapi dengan hati kita melayaninya. 

"Setiap pasien itu, baik dia dari BPJS, asuransi berkelas ataupun dia dengan PBI, maka semuanya itu harus dilayani dengan sepenuh hati, karena rumah sakit itu bukan untuk tempat berbisnis, tapi untuk menolong nyawa orang," pungkasnya. *AG
Share it:

Wakil Rakyat

Post A Comment:

0 comments: