Walikota Lantik Wirya Alrahman Jadi Sekda Kota Medan

Share it:
Teks Foto: Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi melantik Ir Wirya Alrahman MM menjadi Sekda Kota Medan di Balai Kota Medan, Senin (15/10/18). *hariancentral.com - Ist

Medan - hariancentral.com: Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi melantik Kepala Bappeda Kota Medan Ir Wirya Alrahman MM menjadi Sekda Kota Medan menggantikan Ir H Syaiful Bahri Lubis di Balai Kota Medan, Senin (15/10/18). Dengan pelantikan yang dilakukan tersebut, Sekda yang baru diharapkan dapat menjalankan tugas dan amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya. Apalagi Sekda merupakan motor penggerak organisasi sehingga citra Pemko Medan sangat banyak ditentukan oleh Sekda dalam melaksanakan tugasnya.

Dengan pelantikan yang dilakukan tersebut, Walikota selanjutnya menempatkan Syaiful Bahri mengisi jabatan baru sebagai Staf Ahli Walikota Medan Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan. Diharapkan, Syaiful dapat terus mendidikasikan seluruh pengalaman dan ilmu nyang dimilikinya demi kemajuan Pemko Medan.

Dihadapan Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung SE SH MH, Wakil Walikota Ir H Akhyar Nasution MSi beserta Kajari Medan Dwiharto SH MH, Dandim 0201/BS Kol Inf Yuda Rihmansyah, Kapolres Belawan AKBP Ikhwan Lubis SH, Kajari Belawan Yusnani SH MH dan Wakapolrestabes Medan AKBP Agus Suropratomo, Ketua TP PKK Hj Rita Maharani SH dan pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan, Walikota selanjutnya mengingatkan bahwasannya jabatan Sekda mempunyai peranan sangat penting.

Disamping berkewajiban membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan serta membina hubungan kerja dengan dinas, lembaga teknis dan unit pelayanan teknis lainnya, jelas Walikota, Sekda juga motor penggerak organisasi pemerintah daerah. Itu sebabnya citra Pemko Medan sangat banyak ditentukan oleh Sekda dalam melaksanakan tugasnya.

Atas dasar itulah Walikota minta kepada Sekda yang baru dapat memberikan kontribusi yang besar untuk lebih mendinamisasikan organasisasi di Pemko Medan. Kemudian mampu mengemban tugas-tugas administratif serta terus meningkatkan kemampuan dalam menyikapi teritorial dan penyelenggaraan otonomi derah.

Disamping itu Walikota juga menginginkan agar Sekda yang baru mampu berkoordinasi dan berkomunikasi secara produktif kepada seluruh institusi, baik internal maupun eksternal. Dengan demikian melalui pelantikan yang dilakukan ini, keinginan Walikota untuk menjadikan Medan sebagai kota tedepan dalam inovasi maupun kota yang nyaman untuk dihuni oleh seluruh warganya dapat terwujud.

Diingatkan Walikota, jabatan Sekda sangat penting karena berkewajiban membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan serta membina hubungan kerja dengan dinas, lembaga teknis dan unit pelayanan teknis lainnya. Dengan fungsi yang sangat vital itu, kata Walikota, Sekda sesungguhnya merupakan motor penggerak organisasi pemerintah daerah.

“Jadi citra Pemko Medan sangat banyak ditentukan oleh Sekda dalam melaksanakan tugasnya. Ditambah lagi bahwa tantangan tugas-tugas Pemko Medan di hari-hari mendatang semakin berat, terutama untuk menangani tuntutan dan harapan masyarakat. Di tangan saudaralah upaya untuk mendorong terlaksananya berbagai kebijakan Pemko Medan ditentukan,” kata Walikota.

Selanjutnya guna mendukung upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, Walikota berpesan agar semua tindakan dan kebijakan yang dilakukan harus tertib administrasi dan sesuai dengan peraturan dan hukum yang berlaku. Dengan begitu semua tindakan dan kegiatan dapat dipertanggungjawabkan .

“Sebagai pimpinan, saudara haruslah selalu mengingatkan tanggung jawab masing-masing pelaksana dalam penyelenggaraan tertib administrasi sehingga setiap kesalahan dapat ditelusuri hingga ke sumbernya. Disamping itu juga memudahkan evaluasi dan perbaikan serta menuntut tanggung jawab orang-orang yang terlibat langsung didalamnya,” pesannya.

Sekaitan dengan itu Walikota minta kepada Sekda yang baru untuk meningkatkan disiplin ASN dan menyeimbangkan antara peningkatan kesejahteraan dengan hukuman serta mendayagunakan semua ASN yang dimiliki dengan prinsip birokrasi yang cepat, tepat, akurat namun taat azas. Kemudian mengembangkan sistem penyusunan anggaran berbasis kinerja dengan menggunakan pola bottom up.

“Yang terakhir bangun hubungan kerja yang baik dnegan mitra kerja seperti DPRD dan Forkompimda Kota Medan dalam rangka mengembangkan kebijakan daerah dan kelancaran dalam menghadapi hambatan tugas pemabngunan dan pemerintahan,” pungkasnya.

Sementara itu Sekda Ir Wirya Alrahman MM usai pelantikan mengatakan, program kerja yang akan dilakukan pasca pelantikan melaksanakan apa yang telah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Medan yang telah ditetapkan.

“Disamping itu kita juga melihat kondisi Kota Medan yang dikeluhkan masyarakat diantaranya banjir, sampah, estetika kota dan pelayanan publik. Keluhana masyarakat ini tentunya akan menjadi prioritas yang dilakukan guna membenahi Kota Medan menjadi kota modern,” ungkap Wirya.

Sebelum pelantikan Sekda baru dilakukan, Walikota di ruangan yang sama lebih dulu melantik Ir H Syaiful Bahri Lubis menjadi Staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan yang selama ini kosong setelah pejabat lamanya pensiun. Kemudian melantik H Isa Ansyari SST sebagai Kadis Lingkungan Hidup Kota Medan yang juga kosong setelah Kadis lama Ir Arif Trinugroho pindah ke Provinsi Sumut. *AG

Share it:

Pemko Medan

Post A Comment:

0 comments: