Walikota Harap Medan Labuhan Pemenang Kecamatan Terbaik Tingkat Sumut

Share it:
Teks Foto: Asisten Pemerintahan H Musadad Nasution ketika menyambut kedatangan Tim Penilai Kecamatan Terbaik Tingkat Provsu di Kantor Kecamatan Medan Labuhan Jalan Kol L Yos Sudarso, Kelurahan Martubung, Selasa (2/10/18). * hariancentral.com - Ist

Medan - hariancentral.com: Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Asisten Pemerintahan H Musadad Nasution berharap Kecamatan Medan Labuhan dapat keluar sebagai pemenang Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara. Selain dengan sejumlah inovasi yang dilakukan Camat, Kecamatan Medan Labuhan belum lama ini meraih predikat Kecamatan Terbaik Kota Medan 2018.

Harapan ini disampaikan Musadad ketika menyambut kedatangan Tim Penilai Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumut dfi Kantor Kecamatan Medan Labuhan Jalan Kol L Yos Sudarso, Kelurahan Martubung, Selasa (2/10/18). Sebab, Medan Labuhan masuk nominasi Kecamatan Terbaik Tingkat Kota se-Provinsi Sumut.

Tidak hanya Musadad dan seluruh jajaran Kecamatan Medan Labuhan, kedatangan tim penilai yang dipimpin Koni Ismail Siregar juga disambut ratusan warga, tokoh masyarakat, tokoh pemuda beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan. Semuanya menaruh harapan agar Medan Labuhan keluar sebagai kecamatan terbaik.

Selain mengucapkan selamat datang, Musadad juga berharap agar tim penilai melakukan penilaian dalam berbagai aspek terhadap Kecamatan Medan Labuhan. ”Selain melakukan penilaian, hendaknya tim penilai juga memberikan masukan bagaimana sebenarnya yang dikatakan kecamatan terbaik. Masukan itu tentunya sangat penting agar Kecamatan Medan Labuhan terus berinovasi dan memberikan yang terbaik kepada masyarakatnya,” kata Musadad.

Selanjutnya, mantan Kasatpol PP itu berpesan agar Camat Medan Labuhan Arrahman Pane terus meningkatkan kinerja, terutama dalam memberikan pelayanan terbaik kepada sleuruh masyarakatnya. Artinya, kinerja dan pelayanan terbaik, itun tidak hanya ketika tim penilai datang tetapi harus terus menerus selama menjalankan amanah sebagai camat.

“Ingat, camat merupakan ujung tombak sekaligus perpanjangan tangan Pemko Medan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Untuk itu camat harus memberikan yang terbaik untuk warga dan wilayahnya,” kata pria yang pernah menjadi camat terbaik tahun 1999 tersebut.

Usai Musadad memberikan sambutan, Camat Medan Labuhan Arrahman Pane selanjutnya melakukan ekspose. Diawali dengan memaparkan luas Kecamatan Medan Labuhan sekitar 4.128 ha dengan penduduk sebanyak 33.173 KK atau sekitar 129.146 jiwa serta serta memiliki 6 kelurahan dan 99 lingkungan.

Kemudian Pane memaparkan terobosan yang telah dilakukan dalam upaya mempermudah pelayanan administrasi kepada penduduk melalui ponsel. Warga cukup mengisi data, setelah disetujui lurah kemudian diproses. “Setelah selesai, administrasi yang diurus diserahkan langsung kepada warga melalui kepling,” jelas Pane.

Selanjutnya melakukan penandatanganan MoU dengan Universitas Harapan selama 5 tahun di bidang UMKM dengan memberikan pelatihan dan pendampingan, termasuk mendatangakn pengusaha dari Sidoarja yang hasilnya telah dipasarkan hingga Korea untuk membantu mengangkat ekonomi pelaku UMKM di Medan Labuhan.

Selain itu untuk mengantisipasi tanggul jebol karena wilayah Medan Labuhan meru7pakan daerah pesisir, jelas Pane, mereka bersama masyarakat menanam mangrove dengan bambu di Kelurahan Nelayan. “Saat ini sudah 2.200 bibit mangrove yang kita tanam. Kita harapkan mangrove nanti mampu melindungi tanggul agar tidak jebol,” jelasnya.

Tidak hanya sebagai pendukung tanggul, Pane mengatakan, warga juga dilatih untuk memanfaatkan tanaman mangrove guna menambah penghasilan dengan mengolahnya menjadi aneka makanan dan jus. “Dengan pelatihan yang telah dibedrikan, warga pun dapat mengolah mangrove sehingga bernilai jual,” terangnya.

Sementara itu Koni Ismail Siregar selaku Ketua Tim Penilai memuji hasil ekspose yang dilakukan Camat Medan Labuhan. Meski demikian masih ada sejumlah perbaikan yang harus dilakukan. “Perbaikan diharus dilakukan agar lebih baik dan terukur,” kata Siregar. *AG


Share it:

Pemko Medan

Post A Comment:

0 comments: