Pembukaan Kipas VII Berlangsung Meriah

Share it:
Percut Sei Tuan - hariancentral.com: Ajang Kompetisi Inspirasi Paskibra Sa­tuan (Kipas) 2018, di halaman SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan, Jalan Kolam Medan, ber­langsung meriah, Kamis (25/10/18). Ke­gia­tan digelar sejak 22 s/d 28 Oktober 2018 dengan berbagai perlombaan mulai tingkat SD, SMP dan SMA/MA/SMK.
Kipas VII dibuka Kadis Pendidikan Sumut melalui Kabid SMK Amiruddin SP MM, turur dihadiri Kepala SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan, Kasni, MPd, Kacabdis Lubuk Pakam August Sinaga, Kacabdis Sunggal Sakti Siregar, Kepala Sekolah SMKN Kutalimbaru Sugeng MPd, Kasek SMKN I Beringin Ilyas, Kasek SMKN I Lubuk Pakan Sahrul M.Pd, Kepala Desa Medan Estate Faisal Arifin

Amiruddin mengatakan, kegiatan Kipas ini bermanfaat bukan hanya bagi siswa saja, tetapi juga un­tuk kemajuan kreativitas sekolah yang ada di Deliserdang.

Dia mengatakan, dengan kegiatan Kipas ini siswa menjadi kreatif, terampil dan ter­jauh dari pengaruh negatif seperti narkoba dan lainnya. Menurutnya, sekolah bertang­gungjawab terhadap pengembangan kreati­vitas peserta didik karena sekolah merupa­kan rumah ke­dua dalam pelaksanaan pendi­dikan setelah rumah/keluarga.

“Jadi, pihak sekolah harus bertanggung­jawab dalam mengembangkan kreativitas peserta didik. Kipas yang dikembangkan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan merupakan bentuk pengembangan kreativitas siswa yang bisa membentuk siswa serta membina hingga menjadi pribadi yang terbina dan mandiri,” ucapnya.

Kepala SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan, Kasni MPd mengatakan, kegiatan ini sudah digelar sejak 2012 dan merupakan program andalan. Untuk tahun ini, peserta yang ikut sudah meluas tidak hanya Deliserdang dan Kota Medan tetapi sudah diikuti Tebing­tinggi, Siantar, Simalungun, Langkat,.Aceh dan Batam.

Menurutnya, Kipas ke VII se Sumatera Utara ajang perlombaan kreativitas Paskibra dan akan terus ditingkatkan kreativitasnya bagi para Paskibra khususnya Paskibra dan pelajar se Sumatera Utara.

“Kipas ke VII se Sumatera Utara mempere­butkan piala bergilir Gubernur Sumatera Utara un­tuk tingkat SMA/SMK sedejat, piala ber­girili Kepala Disdikpora Deliserdang untuk tingkat SMP/MTs, dan sederajat dan piala SMK N 1 Percut Sei Tuan untuk ting­kat SD/sederajat,” katanya.

Tujuan kegiatan ini, lanjutnya agar gene­rasi muda handal dalam ketahanan fisik, mental dan spritual dan mempererat persau­daraan antar Pas­kibra se Sumatera Utara dan Deliser­dang seki­tarnya. “Kipas ini juga menjadi ke­giatan yang membina generasi muda agar menjadi warga ne­gara Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, disiplin, dan memiliki ke­terampilan,” katanya.

Ketua Panitia Pelaksana Kipas ke VII se Sumatera Utara tahun 2018, menjelaskan, jenis perlombaan dibi­dang ke­paskibraan, pendidikan dan seni. Adapun, perlombaan tingkat SD/MI sederajat, lomba tata upacara seko­lah, lomba tingkat SMP/MTs, lomba formasi pe­ngibaran bendera, lomba kerapian baris berbaris dan lomba tari komando.

Tingkat SMA/SMK/MA, yakni lomba formasi pengibaran bendera, lomba kera­pian baris berbaris (LKBB) dan lomba va­riasi formasi. “Peserta karena berasal dari daerah maka mereka menginap di seko­lah,” katanya.

Pembukaan acara ditandai dengan mele­pas balon dan penyematan tanda peserta.

Pada pembukaan Kipas VII, juga diumumkan pemenang lomba tata upacara baris berbaris, tingkat sekolah dasar sederajat, untuk juara umum tingkat SD adalah SDN 105288 Sei Rotan Deliserdang, lomba gerak jalan juara I, SD Suturuzzulam, PBB, SD 060877 Medan, Lotup, SD 105288 Sei Rotan dan Tim Favorit I SD 101750 Klambir V. *PUL
Share it:

Pendidikan

Post A Comment:

0 comments: