KPU

KPU Sumut Buka Posko GMHP

Share it:
Medan - hariancentral.com: Dalam rangka memenuhi hak pemilih serta memaksimal pemilih pada pelaksanaan Pemilu 2019 KPU Sumut akan membuka Posko Gerakan Memenuhi Hak Pemilih (GMHP) dari tingkat KPU Sumut, KPU kabupaten kota sampai ke PPK tingkat kecamatan.

Komisioner KPU Sumut Divisi Data dan Informasi Herdensi Adnin diruang kerjanya, Selasa (2/10/18) mengatakan KPU Sumut telah mencanangkan untuk membuka posko Gerakan Memenuhi Hak Pemilih (GMHP) pada pelaksanaan Pemilu 2019. "Ya awal Oktober ini telah terbentuk posko GMHP " jelas Herdensi.

Posko ini rencananya dibentuk dari tingkat KPU Sumut ,KPU kabupaten - kota dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang bertujuan untuk memudahkan warga masyarakat yang belum terdata pada DPT Pemilu 2019 bisa melaporkan padap posko tersebut.

Hal ini dikarenakan masih banyak warga masyarakat yang tidak dapat menggunakan hak pilihnya saat pelaksanaan Pemilu sehingga perlu kiranya dibentuk posko GMHP ini untuk mempermudah pelaporan masyarakat .

Pembentukan posko GMHP juga akan melibatkan semua pihak termasuk Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta yang dirasa banyak mahasiswa tidak dapat memilih karena tidak memiliki formulir A 5 pindah memilih. "Baru Universitas Nomensen yang bersedia membuka posko GMHP ." ujar Herdemsi.

Begitu warga masyarkat masih banyak ditemukan tidak memiliki formulir C 6 undangan memilih di TPS .Dengan adanya Posko GMHP diharapkan akan memudahkan warga masyarakat untuk memiliki hak pilihnya.

Menurut Herdensi berdasarkan hasil pemutahiran data pemilih ternyata masih ditemukan warga masyarakat yang belum memiliki e - KTP atau belum melakukan perekaman sehingga tidak tercatat dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Daftar Pemilih Tetap (DPT)

Belum lagi saat pemutahiran data yang dilakukan KPU ternyata ada ditemukan warga masyarakat yang memilikii e- KTP ganda sehingga diperlukan penjelasan bagaimana warga masyarakat itu bisa memiliki e-KTP ganda. "Ini sudah kita sampaikan pada Disdukcapil pada setiap pertemuan." ujar Herdensi.

Herdfensi berharap dengan keberadaan Posko GMHP ini masyarakat nantinya bisa meminta dan mendapatkan penjelasan dari petugas posko terkait dengan permasalahan data pemilih pada Pemilu 2019.

Berdasarkan data pemilih untuk Pemilu 2019 di wilayah Sumut yang catat pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) berjumlah 9,5 juta pemilih. Dan saat ini KPU bersama Bawaslu masih melakukan pemutahiran data pemilih. *PUL



Share it:

KPU

Post A Comment:

0 comments: