Jajaran Medan Selayang dan Warga Sembelih Hewan Kurban

Share it:
Teks Foto: Camat Medan Selayang Sutan Tolang Lubis di halaman Kantor Camat Medan Selayang Jalan Bunga Cempaka Medan. menjelaskan  21 ekor hewan kurban yang disembelih tersebut, 16 ekor diantaranya merupakan lembu dan 5 ekor kambing. *hariancentral.com - Ist


Medan - hariancentral.com: Kecamatan Medan Selayang menyembelih sebanyak 21 ekor hewan kurban, Kamis (23/8/18). Keseluruhan hewan kurban yang disembelih itu merupakan kurban dari pegawai kecamatan, kelurahan, kepala lingkungan serta warga sekitar. Daging hasil penyembelihan selanjutnya akan dibagikan kepada warga sekitar, terutama dari kalangan keluarga kurang mampu.

Penyembelihan disaksikan Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Camat Medan Selayang Sutan Tolang Lubis di halaman Kantor Camat Medan Selayang Jalan Bunga Cempaka Medan. Dari 21 ekor hewan kurban yang disembelih tersebut, 16 ekor diantaranya merupakan lembu dan 5 ekor kambing.

Walikota sangat mengapresiasi atas langkah yang dilakukan jajaran Kecamatan Medan Selayang. Dengan semangat kebersamaan sekaligus ingin melaksanakan perintah Allah SWT, mereka pun setiap bulannya menyisihkan sebagain dari rezekinya untuk dikumpul agar dapat berkurban.

“Alhamdulillah, tahun ini hewan kurban yang disembelih sebanyak 21 ekor, sedangkan tahun lalu hanya 18 ekor (14 ekor lembu dan 4 ekor kambing). Insha Allah tahun depan, hewan kurban yang disembelih bisa bertambah lagi. Dengan demikian warga kurang mampu yang menerima daging kurban bisa lebih banyak lagi,” ungkap Sutan.

Mantan Camat Medan Barat itu mengungkapkan, penyembelihan hewan kurban merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya. Intinya, bilang Sutan, kurban yang dilakukan merupakan sebagai wujud rasa kepedulian dan ingin mengaplikasikan semangat berbagi dalam kehidupan sehari-hari.

Disamping itu papar Sutan, penyembelihan hewan kurban juga sebagai upaya untuk melatih sekaligus meningkatkan rasa keikhlasan seluruh jajaran Kecamatan Medan Selayang. Sebagai unjung tombang Pemko Medan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, jelas Sutan, tentunya dituntut rasa ikhlas yang tinggi sehingga dapat melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya.

Proses penyembelihan hewan kurban berjalan dengan lancar. Setelah nama-nama pengurban dibacakan, hewan kurban pun disembelih diiringi dengan lantunan kalimat takbir. Setelah itu para pekerja dengan cepat memisahkan kulit dan mengeluarkan isi perut lembu maupun kambing. Kemudian para pekerja melakukan pencincangan sehingga satu ekor lembu maupun kambing maupun menjadi puluhan bagian untuk selanjutnya dibagikan kepada masyarakat.

Sultan selanjutnya mengungkapkan, keseluruhan hewan kurban yang disembelih dipastikannya layak konsumsi karena telah melalui pemeriksaan kesehatan serta memenuhi persyaratan kurban. “Dengan demikian daging kurban hasil penyembelihan benar-benar layak konsumsi warga bersama anggota keluarganya,” jelasnya. *AG

Share it:

relgius

Post A Comment:

0 comments: