Gubsu Terpilih Letjen TNI (Purn) Edy Rahmayadi: Masa Depan Bangsa di Pundak Mahasiswa

Share it:
Teks Foto: Rektor USU Prof Runtung Sitepu bersama Gubsu terpilih Letjen TNI (Purn) Edy Rahmayadi melepas balon udara pada acara pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru USU di kampus USU Medan. *hariancentral.com - Ist


Medan - hariancentral.com: Gubernur Sumatera Utara terpilih, Letjen TNI (Purn) Edy Rahmayadi mengatakan, masa depan bangsa kita ada di pundak kalian semua mahasiswa. Negara kita ini besar, terdiri dari 17.548 pulau. Banyak sekali pulau kita , dipimpin Presiden dan Wakil Presiden ,dibantu 34 Gubernur, yang salah satunya Gubernur Sumatera Utara dan juga dibantu 548 Waliota/Bupati.

Bangsa kita ini besar yang dulunya dimulai dengan kerajan-kerajaan, dan sejarah bangsa ini akan saya sampaikan pada ceramah dengan waktu yang tepat, kata Edy Rahmayadi pada acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Stadion Mini USU, Senin (27/8/18).

Acara PKKMB itu dibuka Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu SH MH ,yang dihadiri wakil rektor, para dekan dan 8.180 mahasiswa baru dari 15 fakultas USU. Acara pembukaan itu ditandai dengan pelepasan balon udara dan pemberian cendramata dari Rektor Prof Runtung kepada Edy Rahmayadi.

Dikatakan Edy, dulu Bung Karno pernah megatakan, berikan 10 pemuda terbaik, akan saya guncang ini dunia. Kalian-kalian inilah para mahasiswa harapan kami. Pada 41 tahun lalu saya ada di USU ini, mengikuti tes dan tidak lulus, berarti kalian lebih hebat dari saya. Disini banyak kakak-kakak dan para dosen yang pintar yang akan mendidik kalian. Tapi perlu tahu, Insya Allah 5 tahun ke depan saya menjadi Gubsu yang pada pesta demokrasi lalu saya dipilih rakyat,katanya.

Ditegaskannya, kita perlu pintar untuk membangun Sumut ini. Kalian di sini menuntut ilmu untuk membangun Sumut ke depan. Saya harap 40 tahun yang datang, gubernur ke depan tidak lagi usia 57 tahun seperti saya, tetapi cukup 45 tahun sudah jadi gubernur, sehingga larinya cukup kencang. Siapkan diri kalian untuk jadi pemimpin masa depan. Percayakan pada saya, pada saatnya saya ikut membesarkan USU. Lakukan yang terbaik, jangan lupa berdoa dan berusaha dan saya yakin pasti bisa,katanya.

Menjawab wartawan Edy Ramayadi mengatakan salah satu tugas mahasiswa adalah kegiatan bela negara, dan ada caranya, secara fisik dan non fisik.

Kapan dilantik Pak? Dijawabnya, kita tunggu saja waktunya. Ia mengatakan akan ikut membangun USU untuk lebih maju. Kalau USU tidak maju, Sumut tidak akan maju-maju, katanya.

Sementara itu Rektor Runtung Sitepu mengucapkan selamat datang kepada mahasiswi baru USU , yang telah berhasil lulus dari seleksi penerimaan mahasiswa baru USU yang cukup ketat dan menegangkan.

Rektor menyampaikan paparan tentang profil USU, perguruan tinggi tertua di luar Pulau Jawa dan perguruan tinggi ke 7 di Indonesia yang diresmikan Presiden pertama RI, Ir Soekarno. Luas kampus USU tercatat 920 Ha, dengan perincian di Padang Bulan 120 Ha, Kampus Bekala 300 Ha, dan Kampus Tambunan 500 Ha. Seiring dengan keberhasilan USU meraih akreditasi A pada 28 Februari 2018, maka USU semakin bergiat mengejar prestasi dan meningkatkan kinerja di segala bidang.

Dalam usianya yang hampir 66 tahun, USU telah melahirkan 192.861 orang alumni yang tersebar dalam berbagai bidang pekerjaan dan profesi, berasal dari 15 Fakultas, 1 Sekolah Pasca Sarjana dan 154 Program Studi.

USU telah menunjukkan peningkatan jumlah prodi yang berakreditasi A, dari 22 prodi di tahun 2016 menjadi 61 prodi hingga Agustus 2018. Sementara yang berakreditasi B sudah mencapai 84 prodi. Maka jumlah prodi yang berakreditasi A dan B sebanyak 145 prodi atau mencapai 94,16 %,katanya.

USU berhasil meningkatkan peringkatnya dari peringkat 19 pada bulan Agustus 2017, dan menjadi peringkat 15 dari 100 Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia dalam hasil klasterisasi untuk tahun 2018 ini.

Dikatakan rektor, 2,5 tahun pimpinan USU telah berjuang keras dan naik 23 peringkat, tahun depan diharapkan jadi 10 besar di indonesia. Prestasi mahasiswa juga luar biasa. Khusus bidang publikasi ilmiah yang terindeks fokus USU pada peringkat 10. Prestasi terakhir sesuai hasil dari rilis lembaga pemeringkat Schimago Intitutions Rankings (SIR) ada 20 Universitas terbaik di Indonesia dan USU masuk ranking ke 3, sementara urutan pertama Universitas Dipenogora dan ke 2 Universitas Indonesia.

Sementara ditingkat dunia USU pada posisi 674. Mari kita tingkatkan prestasi dan mahasiswa selesai tepat waktunya. Dalam 2018-2019 kita memasuki tahun politik, mahasiswa USU tugasnya menuntut ilmu dan tidak boleh berpolitik dan jangan mau diperalat. Kampus harus netral ,kata rektor.

Sebelumnya ketua panitia M Husni SH MH melaporkan kegiatan tersebut diikuti 8.180 mahasiswa baru dari 15 fakultas, berlangsung tiga hari sampai Rabu (29/8). *IRN



Share it:

Pendidikan

Post A Comment:

0 comments: