Ribuan Warga Tarakan Sambut Meriah Tim Pawai Budaya Nusantara

Share it:

 
Tarakan - hariancentral.com: Ribuan warga Kota Tarakan, Kalimantan Utara yang tumpah memenuhi Jalan Kol L Yos Sudarso menyaksikan Pawai Budaya Nusantara guna memeriahkan pembukaan Rapat Kerja Nsional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XIII memberikan aplaus cukup meriah kepada tim pawai Pemko Medan, Rabu (25/7/18).

Dengan mengenakan Batik Medan hasil kerajinan tangan para pengerajin batik di Kota Medan yang didominasi warna hijau dan kuning serta mengusung motif tepak sirih,tari Melayu, payung serta bunga tembakau tersebut, tim pawai Pemko Medan berhasil menarik sekaligus mencuri perhatian warga yang telah berkumpul sejak pukul 12.00 WIB.

Hal ini tidak terlepas dari penampilan atraktif para peserta pawai yang dipimpin Asisten Pemerintahan Setdakot Medan Musadad Nasution. Sejumlah pemusik tampil menawan memainkan alat musik tradisionil Melayu seperti biola, gendang serta arkadion di atas mobil pick-up yang telah dihias bernuansa Melayu disertai logo besar Pemko Medan di bagian depan, membuat para pengunjung ikut latah berjoget sambil berteriak, “Horas Medan” berulangkali.

Di barisan depan, parade pawai Pemko Medan digawangi 3 pria membawa satu spanduk panjang bertuliskan Delegasi Pemko Medan Rakernas APEKSI. Di belakangnya berjalan dua jaka dara tampan dan cantik mengenakan pakaian adat Melayu bernuansa kuning yang tak pernah lepas menebar senyum kepada seluruh pengunjung.

Setelah itu berjalan iringan sejumlah pimpinan organisasi perangkat darah (OPD) di lingkungan Pemko Medan seperti Kadis Pariwisata Kota Medan Agus Suriono, Kadis Ketahanan Pangan Muslim Harahap, Kadis Koperasi dan UMKM Emilia Lubis, Kabag Hubungan Kerjasama M Rivai Nasution serta sejumlah pegawai dari POD terkait lainnya. Di belakang mereka tampil sejumlah pasangan penari yang tampil lincah membawakan Tarian Serampang Dua Belas diiring pemusik di atas mobil pick-up.

Sedangkan penutup parade budaya Pemko Medan adalah barisan pegawai mengenakan kemeja kuning yang di belakangnya berlogokan Medan Rumah Kita. Tidak hanya pegunjung, barisan pawai Tim Pemko Medan juga mendapatkan aplaus dari Ketua APEKSI yang juga Walikota Tanggerang Selatan Airin Rachmi Diani dan Walikota Tarakan Sofian Raga ketika melintasi panggung utama.

Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Asisten Pemerintahan Setdakot Medan Musadad Nasution mengatakan, tim pawai Pemko Medan mengusung tema Colorful Medan dalam Pawai Budaya Nusantara tersebut. Dijelaskannya, Colorful Medan sebagai bentuk refleksi menggambarkan kondisi Kota Medan yang kaya akan alam, budaya, modernisasi, kuliner, sejarah serta warganya yang multicultural namun hidup damai berdampingan.

“Colorful Medan kini menjadi logo tipe dalam brand destinasi Pariwisata Kota Medan yang digunakan untuk menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk datang mengunjungi Kota Medan. Oleh karennya Pawai Budaya Nusantara ini kita jadikan sebagai momen untuk lebih mengenalkan colorful Medan tersebut. Alhamduliillah, ribuan warga Tarakan sangat mengapresiasi dan mengapalus tim pawai kita,” kata Musadad.

Pawal Budaya Nusantara ini digelar setelah berakhirnya pembukaan Rakernas APEKSI XIII. Peserta pawai dilepas Ketua APEKSI didampingi Walikota Tarakan. Sebanyak 98 kota ikut serta dalam Pawai Budaya Nusantara tersebut. Pelepasan dilakukan dari panggung utama di Jalan Kol Yos Sudarso, persisnya samping Kantoe Pos/Balai POM Tarakan dan finish di depan Masjid Al Ma’arif. *AG

Share it:

Pemko Medan

Post A Comment:

0 comments: