Gaya Hidup Merokok, Kanker Paru Akan Menjadi Masalah Utama Bidang Kesehatan

Share it:
Teks Foto: Dr dr Noni Novisari Soeroso M.Ked(paru)SpP(K) yang berhasil meraih gelar doktor foto bersama dengan Prof Luhur Soeroso, Rektor USU Prof Runtung dan penguji lainnya di USU. *hariancentral.com - Ist

Medan - hariancentral.com: Dr dr Noni Novisari Soeroso MKed(paru) SpP(K) berhasil meraih gelar doktor (S3) dengan nilai “Sangat memuaskan” setelah berhasil mempertahankan disertasinya pada ujian doktor, di ruang IMTGT USU Medan, Kamis (26/7/18). Ujian promosi doktor itu dipimpin Rektor USU Prof Runtung Sitepu.

Disertasinya berjudul, Polimorfisme Genetik CYP2A6 dan CYP2A13 Dengan Metabolisme Nicotine pada Pasien Kanker Paru di kalangan Perokok Suku Batak. Dikatakannya, kanker paru merupakan kanke terbanyak di seluruh dunia dengan peningkatan jumlah pasien sekitar 1,2 juta jiwa setiap tahun dan menunjukkan angka kematian yang cukup tinggi.

Menurut data diketahui angka kematian akibat kanker paru sebensar 41,1 persen. Hubungan sebab akibat antara perokok tembakau dan kanker paru telah diketahui sejak 1950. Karena itu, sejak lama sudah diperediksi bahwa akibat kebiasaan atau gaya hidup merokok, kanker paru akan menjadi masalah utama bidang utama kesehatan di masa depan.

Nicotine merupakan senyawa utama dalam tembakau yang menimbulkan ketergantungan terhadap rokok, katanya.

Adapun tim penguji disertasi, sebagai ketua Prof Dr Rozaimah Zain Hamid, dengan anggota Dr dr Bintang YM Sinaga , dr Ahmad Hamin Sadewa, Dr dr Elisa Syahruddin Sp.PK, Dr GinoTann Ph.D, Prof dr Tamsil Syaruddin Sp.P, Dr Ir Erna Mutiara MKM.

Prof Runtung mengatakan selamat kepada Dr Noni yang merupakan putri senior dosen USU, Prof dr H Luhur Soeroso. “Hari ini ada dua staf pengajar yang meraih gelar doktor (S3), dan promosi ini sangat sukses karena banyak yang hadir. 

Sebenarnya kepada Noni wajar diberi nilai pujian karena berdasarkan IPK dan prestasi lain yang diraihnya, namun karena masa perkuliahan lewat dari 2 bulan dan sesuai aturan maka hanya diberi nilai kelulusan “sangat memuaskan” *IRN



Share it:

Medan

Pendidikan

Post A Comment:

0 comments: