Organisasi Wanita Terus Berjuang Kembalikan Gedung BKOW - HarianCentral.com

Breaking

Menyuarakan Kebenaran Demi Keadilan

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Monday, 14 May 2018

Organisasi Wanita Terus Berjuang Kembalikan Gedung BKOW

Teks Foto : Spanduk mengecam yayasan terpampang di Gedung BKOW yang sebagianya terbakar dan sudah rata dengan tanah. * hariancentral.com - Ist


Medan - hariancentral.com : Puluhan Organisasi Wanita di bawah Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Sumut, akan terus berjuang untuk mengembalikan Gedung Wisma Kartini yang sudah rubuh akibat kebakaran tahun 2013 lalu. Kemudian oleh yayasan dirubuhkan dan renacananya akan dijadikan apartemen.

Organisasi Wanita yang berkumpul, Senin(14/5/18) kepada wartawan menyebutkan, pasca diruntuhkanya bangunan yang terbakar tahun 2013 lalu oleh pihak yayasan dan akan mendirikan apartemen, seluruh organisasi wanita yang ada di BKOW sudah menolak. 

Alasanya, kata mereka, hingga saat ini Sumatera Utara belum memiliki Gedung Wanita dan pendirian apartemen sangat tidak tepat, mengingat perjuangan tokoh wanita masa lalu untuk mendirikan Gedung Wanita Wisma Kartini,begitu sulitnya para pendiri seperti Ny Basyrah Lubis (saat itu isteri Walikota Medan), untuk mendirikan gedung bagi kelancaran kegiatan organisasi wanita di Sumut,khususnya Kota Medan.

Seorang peserta, Hj Andromeda menyebutkan, BKOW harus tetap ada dan memiliki gedung sebagai tempat beraktivitas dan berkumpul organisasi perempuan .

"Sulit sekali tidak punya tempat untuk melaksanakan berbagai kegiatan dan kesanya kaum wanita ini terpinggirkan sebab organisasinya tidak punya gedung yang patut dibanggakan,padahal jumlah penduduk lebih banyak wanita," katanya.

Dia juga menghimbau agar semua pengurus organisasi bergandung tangan dalam rangka mewujudkan hal ini. "Sudah 70 tahun adanya Provinsi Sumatera Utara, belum memiliki gedung pertemuan yang layak," katanya.

Mantan pengurus BKOW, Hj Ratna Juli membenarkan perlunya ada gedung wanita di Sumut. "Dulu gedung wanita BKOW Sumut digunakan untuk berbagai keperluan, bukan saja untuk kegiatan wanita tapi dimanfaatkan untuk acara-acara yang dikelola yayasan. Sekarang gedungnya sudah hancur, maka sangat wajar Pemko atau Pemprovsu membangunnya kembali," katanya.

Ketua Umum BKOW Sumut,Hj Kemalawati SH, menyebutkan, pihaknya sudah mengajukan pembangunan kembali gedung kepada Pemko dan Pemprovsu namun kini belum ada hasil.

"Sudah kita ajukan tapi sampai sekarang belum ada hasil," katanya yang berjanji akan berupaya untuk mengajukan hal ini kepada Pemko maupun Pemprovsu.

Dalam pertemuan itu juga dibahas langkah yang akan dilaksanakan, guna mendorong pemerintah untuk membantu pengadaan dan pengembalian gedung BKOW.

"Kami akan berdialog dengan pihak yayasan terkait masalah pengadaan gedung kembali, karena kami menolak rencana mereka akan membangun apartemen," kata Kemalawati. *IRN

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here