DPRD Medan Minta Walikota Segera Hunjuk Lurah Yang Masih Kosong

Share it:
Teks Foto: Anggota Dewan PerwakIlan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan, H Zulkarnain Yusuf Nasution. *hariancentral.com - Ist
Medan - hariancentral.com: Warga Kelurahan Sei Putih Tengah, Kecamatan Medan Petisah mengeluhkan, sebab, sudah 4 bulan, Lurah mereka belum ada. Hal ini menjadikan segala proses pelayanan dan administrasi di kantor Kelurahan Petisah Tengah tersebut harus menunggu Plt.Lurah, dan terkesan pengurusannya menjadi rumit.

Menanggapi itu, Sekretaris Komisi A, Anggota Dewan PerwakIlan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan, H Zulkarnain Yusuf Nasution mengatakan, agar Kepala bagian tata Pemerintahan Kota Medan, Syahrul Rambe, untuk segera mengusulkan kepada Walikota Medan untuk segera mengisi kekosongan jabatan Lurah yang saat ini ada di Kota Medan. “ Kalau kekosongan jabatan Lurah ini berlarut-larut, maka akan mengganggu proses pelayanan administrasi masyarakat setempat, dan tentu saja bisa merugikan masyarakat juga,” kata Politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Medan ini.

Meskipun ada Pelaksana tugas, (Plt), tapi kata Zulkarnaen tidak bisa seratus persen memberikan waktunya untuk melayani warga di kelurahan tersebut, mengingat Plt juga yang merupakan Sekretaris Camat ataupun staf Kecamatan memiliki tugas lain selain sebagai Plt, di Kantor Kelurahan.

“Lagian, jika ada permasalahan atau kegiatan di Kelurahan, pastinya lebih baik jika ada Lurahnya. Warga juga lebih nyaman jika mereka memiliki Lurah, karena salama ini warga mengetahui selain Kepala Lingkungan, Lurah juga dianggap sebagai pengayom bagi masyarakat setempat,” jelasnya.

Sementara itu, Kabag Tapem Kota Medan, Syahrul Rambe saat ditemui di ruangannya, baru-baru ini. mengakui untuk saat ini masih ada enam (6) kantor Kelurahan yang Jabatan Lurahnya masih kosong, tanpa merinci Kelurahanyang dimaksud. Untuk Lurah di Sei Putih Tengah, di akui mantan Camat Medan Petisah itu, memang masih kosong sejak Lurahnya mengundurkan diri sebagai Lurah. “Untuk sementara Kelurahan Petisah Tengah itu di jabat oleh Sekcam Medan Petisah, kalau untuk urusan biasa kan masih ada Sekretaris Lurah bang, namun kalau urusan KTP dan KK atau BPJS barulah ke Plt Lurah atau langsung ke Kantor Camat,” bilang Rambe.

Namun, Syahrul Rambe yang pernah menjadi Camat Medan Kota ini mengatakan akan segera berkoordinasi dengan Camat untuk menstanbykan Plt Lurah di setiap Kantor Kelurahan yang masih kosong jabatan Lurahnya.

Terpisah, Walikota Medan, Drs Dzulmi Eldin S MSi ketika diminta tanggapannya tentang masih adanya kekosongan Jabatan Lurah di Kota Medan menjawab wartawan sambil bercanda.

“Ya memang masih ada beberapa Kelurahan yang Lurahnya masih kosong, nantilah kita akan tindaklanjuti, kalau pastinya, mungkin bisa saja dia (menunjuk wartawan didepan Walikota) yang akan jadi Lurah,” sebut Walikota Medan sambil tersenyum menuju acara buka bersama dengan Pimpinan DPRD Kota Medan, usai mengikuti paripurna di gedung DPRD Kota Medan. *AG
Share it:

Medan

Wakil Rakyat

Post A Comment:

0 comments: