Wartawan Unit Pemko Medan Bersatu Melalui Rapat Akbar - HarianCentral.com

Breaking

Menyuarakan Kebenaran Demi Keadilan

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Thursday, 12 April 2018

Wartawan Unit Pemko Medan Bersatu Melalui Rapat Akbar


Medan-hariancentral.com :  Wartawan yang bertugas di lingkungan Pemko Medan menggelar rapat akbar di Ruang Rapat IV Balai Kota Medan, Kamis (12/4/18) .

Rapat akbar digelar dalam rangka mempererat tali silaturahmi sekaligus mempersatukan seluruh jurnalis yang ada di unit Pemko Medan.

Disamping itu juga para pemburu berita juga sepakat dan mendukung penuh, kepemimpinan Muhammad Edison Ginting dari Harian Waspada sebagai Ketua Koordinator Wartawan Unit Pemko Medan sampai berakhir masa jabatannya pada Februari 2019.

Rapat akbar ini digelar atas inisiator utama Lilik Riadi, wartawan Harian Top Metro. Kemudian diikuti wartawan lainnya yakni Adi Wasgo (Mimbar Umum), Dipo Sumarno (Portibi), Erwan Ilyas (Batak Pos) dan Bernard Situmorang (Media Bangsa). 

Inisiasi itu dilatarbelakangi atas keprihatinan kurangnya kekompakan diantara wartawan selama ini. Klimaksnya, sempat muncul tiga kelompok unit wartawan di lingkungan Pemko Medan.

Sebelum rapat akbar dimulai, para wartawan pun telah sepakat untuk bersatu dan menyatukan persepsi sekaligus bulat mengakui hanya ada satu kelompok wartawan di lingkungan Pemko Medan. Untuk itulah seluruh wartawan yang bertugas mencari berita di jajaran Pemko Medan diundang agar menghadiri rapat tersebut.

Mengawali rapat akbar, Bernard mengatakan, rapat akbar pada prinsipnya tidak ada saling menyalahkan maupun menzalimi. Tujuan rapat akbar digelar semata-mata untuk menyatukan seluruh wartawan yang bertugas di lingkungan Pemko Medan.

“Rapat akbar ini kita lakukan untuk menyatukan seluruh wartawan yang ada. Kalau tidak bersatu, kita (wartawan) yang rugi. Jadi pasca rapat akbar dilakukan, tidak ada lagi kelompok-kelompok wartawan, semua harus bersatu,” kata Bernard.

Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Kabag Humas Ridho Nasution yang hadir dalam acara pembukaan rapat akbar, sangat mengapresiasi atas inisiasi yang dilakukan kelima wartawan tersebut. 
 Melalui rapat akbar, Ridho optimis seluruh wartawan akan menjadi lebih kompak lagi ke depannya.

Selanjutnya mantan Camat Medan Barat itu pun berpesan, pasca rapat akbar ini digelar, para wartawan pun disarankan untuk membuat AD/ART sehingga jalannya roda organisasi lebih jelas dan terarah.

“Apabila roda organissi berjalan dengan baik dan terarah, insha Allah para wartawan akan merasakan manfaatnya. Oleh karenanya saya berharap rapat akbar ini menjadi momen bagi sleuruh wartawan yang ada di lingkungan Pemko Medan untuk bersatu,” harap Ridho.

Dalam kesempatan itu Ridho tak lupa menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh wartawan yang bertugas di lingkungan Pemko Medan. Selain telah menjalankan fungsinya sebagai sosial kontrol ditengah masyarakat, Ridho menilai, para wartawan pun selama ini banyak sekali mempublikasikan berita-berita pembangunan maupun kebijakan yang dilakukan Walikota.

Guna mendukung wartawan semakin berkualitas dan profesional, Ridho pun berencana akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bekerjasama dengan PWI bagi wartawan yang ada di Pemko Medan. “UKW ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan SDM sekaligus menjadikan wartawan semakin profesional,” pungkasnya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari meja panitia, rapat akbar ini dihadiri sekitar 100 wartawan yang bertugas di Pemko Medan baik media cetak, elektronik dan online. 

Selanjutnya Pangihutan Rumapea, wartawan online Tribun Merdeka.Com yang dipercayakan sebagai moderator didampingi lima inisiator memimpin jalannya rapat akbar.

Sedikit ada riak dalam rapat akbar, beberapa wartawan menginginkan agar dilakukan dikocok ulang untuk memilih kembali Ketua Koordinator Unit Pemko Medan. Namun sebagian besar wartawan menolak keinginan tersebut. Mereka sepakat Ketua Koordinator Unit Pemko Medan tetap dijabat Muhammad Edison Ginting.

Akhirnya rapat akbar pun sepakat memutuskan Ginting tetap menjadi Ketua Wartawan Unit Pemko Medan hingga berakhir masa jabatannya Februari 2019.

Meski demikian hasil rapat juga menyarankan kepada Ginting untuk merombak ‘kabinet’ yang telah dibentuk sebelumnya. Usulan itu langsung diamini, Ginting pun berjanji segera membentuk ‘kabinet’ baru.

“Secepatnya saya akan mengumumkan kepengurusan yang baru. Insha Allah kepengurudsan nanti merupakan aspirasi dari semua teman-teman wartawan. Untuk itu saya minta dukungan teman-teman, mari kita bersama-sama memajukan organisasi ini sehingga dapat memberikan manfaat bagi kita semua,” pungkas Ginting.

Rapat akbar pun ditutup dengan silaturahmi. Ginting selanjutnya menyalami para inisiator dan seluruh wartawan yang hadir sebagai bentuk simbolik seluruh wartawan unit Pemko Medan telah bersatu dan siap menjalankan program untuk kemajuan organisasi dan anggota, sekaligus terus membangun sinergitas dengan Pemko Medan tanpa melupakan fungsi sebagai sosial kontrol. *AG


No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here