Balita dan Anak-anak Aceh Timut Operasi Bibir Sumbing Gratis

Share it:
IDI - hariancentral.com : Pemerintah Kabupaten Aceh Timur saat sangat berkomitmen dengan program kesehatan masyarakat, terutama bagi masyarakat yang kurang mampu. 

Komitmen tersebut dilakukan untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Daerah terhadap kesehatan masyarakatnya. Salah satu bentuk dan wujud kepedulian pemerintah daerah tersebut melalui Bakti Sosial Operasi Bibir Sumbing. Dimana untuk tahun 2018 ini merupkan Tahun kedua dilaksanakannya bakti sosial operasi bibir sumbing bagi masyarakat.

Menurut dr Edi Gunawan MARS, bakti sosial operasi bibir sumbing bagi masyarakat ini adalah bentuk wujud nyata kepedulian pemimpin Aceh Timur kepada masyarakatnya, dan Alhamdulillah Rumah Sakit Umum dr Zubir Mahmud ini sudah dua kali dipercayakan untuk melakukan kegiatan operasi bagi para penderita bibir sumbing, baik itu balita, anak-anak bahkan orang dewasa juga mendapatkan operasi bibir sumbing ini secara gratis. 

Namun yang kita prioritaskan adalah para balita maupun anak-anak” ujarnya. Untuk kegiatan kali ini yang sudah mendaftar sekitar enam puluh lebih peserta, dan jumlah ini kemungkinan besar akan bertambah terus jumlahnya sampai batas penutupan pendaftaran.

Bakti Sosial Operasi Bibir Sumbing ini sepenuhnya juga didukung oleh yayasan Smile Train Provinsi Aceh yang Tahun ini merupakan Tahun kedua mereka membantu Pemerintah Aceh Timur dalam hal pelaksanaan operasi bibir sumbing kepada masyarakat. Hal itu dikatakan oleh koordinator yayasan Smile Train, Rahmad Maulizar. 

Menurut Rahmad, pihaknya sudah dua kali melakukan kerjasama dengan Pemerintah Aceh Timur dalam melaksanakan kegiatan ini, oleh sebab itu pihaknya sangat menyambut baik kegiatan ini dan mendukung sepenuhnya program pemerintah Aceh Timur dalam melaksanakan kegiatan opersi. 

Untuk diketahui bahwasannya Rahmad maulizar merupakan salah satu penderita bibir sumbing, dan setelah melalui operasi bibir sumbing yang dijalaninya ia bisa seperti sekarang dan oleh sebab itu ia ingin sekali mengajak anak-anak para penderita bibir sumbing sepertinya bisa tersenyum bebas dan bisa seperti dirinya kelak tanpa harus merasa minder dipergaulan sehari-hari “kita harus percaya diri bahwa kita juga sama seperti mereka,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Aceh Timur, Syahrul Bin syama’un mengatakan bahwa program bakti sosial operasi bibir sumbing merupakan salah satu program pemerintah Aceh Timur dalam menangani permasalahan-permasalahan yang timbul dalam masyarakat Aceh Timur, salah satunya yaitu bibir sumbing. 

Program ini menurut Wabup merupakan kepedulian pemerintah daerah dalam membantu masyarakat yang kurang mampu dibidang kesehatan dengan harapan kigiatan ini berjalan dengan baik dan tepat sasaran seperti yang apa kita harapkan, sehingga anak-anak Aceh pada umumnya dan Aceh Timur pada khususnya dapat tersenyum bahagia.

Dalam kegiatan bakti sosial operasi bibir sumbing ini, selain Yayasan Smile Train, Pemerintah Aceh Timur melalui RSU dr Zubir Mahmud juga bekerjasama dengan Program Keluarga Harapan (PKH) serta Perhimpunan Dokter Bedah Plastik Wilayah Aceh dan Kabupaten Aceh Timur.

Untuk dikatehui, bibir sumbing merupakan penyakit kelainan bawaan yang paling sering terjadi di bagian bibir. Penyebabnya yaitu factor genetic yang kompleks serta factor eksternal, namum factor yang paling dominan adalah faktor gentik yang memiliki peran dalam perkembangan janin. Oleh karena itu ibu hamil harus menjaga asupan nutrisi yang cukup pada saat mengandung janin atau bayi dan apabila asupan nutrisi tidak terpenuhi maka efeknya akan dirasakan pada anak-anak kita nantinya, salah satunya yaitu bibir sumbing. *JUA

Share it:

Aceh

Pemkab

Post A Comment:

0 comments: