Babinsa dan PPL Dampingi Petani Panen Padi

Share it:

Jember - hariancentral.com : Pada Selasa (17/04/18) Pukul 08.00 WIB dilaksanakan panen padi milik Nur Hanifan seluas 2 hektar anggota kelompok Tani Sumber Makmur Dsn Beringinsari Ds Jatimulyo Kec Jenggawah Kabupaten Jember.

Pada panen yang dilaksanakan sebelumnya telah dilakukan ubinan dengan hasil sekitar 11 ton per hektar dan hasil terebut menurut Nur Hanifan mengalami peningkatan dari musim tanam sebelumnya yang menghasilkan 10,7 ton per hektar .

Nur Hanifan juga menyatakan bahwa peningkatan hasil panen ini tentunya tidak lepas dari mimimnya serangan hama pada musim tanam Oktober 2017 - Maret 2018 serta intensitas pendampingan Babinsa bersama Petugas Penyuluh Lapang (PPL) yang selalu memonitor tanaman bersama petani sehingga kalaupun ada serangan hama dapoat terkendalikan dengan cepat dan tepat.

Babinsa Serda Iswahyudi dan PPL Didik S yang hadir dan melaksanakan pendampingan juga memberikan arahan diantaranya terkait dengan hasil panen ini hendaknya dijual kepada Bulog atau petugas serapan gabah petani dari Kodim 0824, serta percepatan tanam selanjutnya dengan menggunakan mesin pertanian.

Danramil 0824/25 Jenggawah Kapten Ismianto saat dikonfirmasi membenarkan adanya kegiatan anggotanya tersebut, bahkan dirinya sudah memerintahkan kepada seluruh Babinsa dijajarnnya untuk aktif turun ke lapangan bersama PPL serta petugas terkait, guna serapan gabah serta percepatan tanam tersebut.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar saat dikonfirmasi mendukung kegiatan yang telah dilakukan oleh jajarannya tersebut, penampingan saat ini fokusnya memang pada kegiatan panen dengan mengoptimalkan serapan gabah serta percepatan tanam para petani, terangnya.

Percepatan tanam itu sendiri tentunya dalam rangka mengefektifkan waktu dan biaya yang dikeluarkan oleh petani karena dengan menggunakan alat mesin pertanian (alsintan) akan menghemat pengeluaran petani sekitar 35 % hal tersebut tentunya sangat menguntungkan petani, jelasnya. *SIS24
Share it:

daerah

TNI

Post A Comment:

0 comments: