Sumut Siap Gelar UNBK SMA/SMK

Share it:
Medan - hariancentral.com : Pemerintah Provinsi Sumatera Utara turut me­nyuk­seskan penyelenggaraan Ujian Na­sional Ber­basis Komputer (UNBK) 2018.

Ter­bukti, ter­jadi peningkatan signifikan ter­hadap pe­lak­sanaan UNBK diberbagai jenjang di 33 Ka­bupaten dan kota di Sumut.

“Target kita untuk meningkatkan pelak­sanaan UNBK 2018 ini tercapai.

Bahkan di jenjang SMA dan SMK tercatat seluruh Kabupaten dan kota di Sumut menggelar ujian dengan menggunakan teknologi digital tersebut,” kata Kepala Dinas Pendidikan Sumut (Kadisdiksu) DR Drs Arsyad Lubis MM, kemarin.

Disebutkan Arsyad, peningkatan pe­nyelenggaraan UBK itu sesuai dengan ke­inginan Kementerian Pendidikan dan Ke­budayaan (Kemendikbud) yang meng­im­bau pemerintah provinsi dan kabupaten/kota bersinergi dalam me­nyukseskan penyelenggaraan UNBK.

Arsyad didampingi Ketua Panitia UN Provsu August Sinaga SPd SST MAP menyebutkan, untuk jenjang SMA dan SMK sudah 100 persen Kabupaten dan kota yang menggelar UNBK.

Sedangkan Madrasah Aliyah (MA) hanya tinggal 5 daerah lagi yang belum menggelar UNBK. Kelima daerah itu yakni Nias, Toba Samosir, Nias Selatan, Samosir dan Nias Barat.

Diakui Arsyad, dari seluruh kabupaten dan kota yang menggelar UNBK tingkat SMA dan SMK itu belum semua sekolah yang melaksanakannya.

“Memang masih ada sejumlah sekolah yang belum menggelar ujian berbasis digital, karena ketiadaan komputer ataupun kelengkapan fasilitas dan sarana lainnya sebagai penunjang teknologi tersebut,” katanya.

Namun Arsyad optimis pada pelaksanaaan UN tahun berikutnya, bukan hanya Kabupaten dan kota saja yang 100 persen menggelar UNBK, tapi juga semua sekolah dan jenjang program studi akan melakukan ujian dengan berbasis digital.

Sedangkan untuk jenjang SMP tercatat 99 persen Kabupaten dan kota yang menggelar UNBK, hanya Nias yang masih melaksanakan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

Sementara pada jenjang MTs masih terdapat 8 daerah lagi yang belum mengikuti UNBK, yakni Tapanuli Utara, Nias, Toba Samosir, Nias Selatan, Samosir, Labuhanbatu Utara, Nias Utara dan Nias Barat.

Ketua Panitia UN Provsu August Sinaga SPd SST MAP menambahkan, berdasarkan rekapitulasi sekolah UNBK pada 26 Februari 2018, tercatat sebanyak 3812 sekolah, sedangkan UNKP sebanyak 2.355 sekolah jenjang SMA/MA/SMK, SMP dan MTs.

Berdasarkan data UNBK tingkat SMP 1165, MTs 439, SMA,MA 366 dan SMK 889 sekolah. Untuk program UNKP 1484 sekolah, MTs 639, SMA 94,98 dan SMK 40 sekolah. *PUL
Share it:

Medan

Pendidikan

Post A Comment:

0 comments: