Jangan Takut, Silahkan Warga Mengadu ke DPRD, Kepulan Asap PT Canang Indah Resahkan Warga

Share it:

Medan-Hariancentral.com : Dampak kepulan asap hitam yang keluar dari cerobong asap pabrik PT Canang Indah yang berada dibawah naungan PT Cipto Grup telah menyebabkan warga sekitar pabrik resah, karena mengalami gangguan kesehatan seperti sesak nafas dan batuk-batuk.

Selain itu, kepulan asap dari cerobong pabrik informasi yang dihimpun dari masyarakat adalah pabrik mebel yang sudah lama beroperasi.

Sementara, ketika salah seorang warga inisial Bsr dikonfirmasi terkait kejadian yang menimpa warga Canang Kecamatan Medan Belawan tersebut mengatakan, mereka (warga-red) telah melaporkan hal tersebut kepada Kepala Lingkungan dan Lurah, namun seakan laporan dan pengaduan warga tidak ditanggapi.

"Kami sudah pernah melapor kepada Kepala Lingkungan dan Lurah, namun sampai saat ini tidak ada tanggapan, paling tidak pihak perusahaan mendatangi warga yang terkena dampak polusi dari Pabrik yang telah menyebabkan pencemaran lingkungan tersebut," kesal Bsr.

Sementari itu, Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Medan, H Jumadi, saat dikonfirmasi wartawan di ruangannya, Senin (19/3/18) kemarin mengatakan, seharusnya, baik Kepala Lingkungan, Lurah dan Camat segera menanggapi keluhan dan laporan masyarakat setempat yang telah terkena dampak dari polusi asap yang dikeluarkan oleh Pabrik PT Canang Indah dibawah naungan PT Cipta Grup.

"Inikan sudah ada dampak yang jelas-jelas nyata, ditengah masyarakat, yang sudah mengeluhkan asap tebal dari cerobong pabrik yang terdapat di sekitar Canang. Jika keluhan dan laporan warga Canang yang terkena dampak polusi dari pabrik tidak ditanggapi oleh pemerintah setempat, saya atas nama fraksi PKS dan juga Komisi B DPRD Kota Medan, menyarankan warga Canang untuk melapor ke DPRD Kota Medan saja," ungkapnya.

Jumadi juga berpesan agar secepatnya keluhan warga Canang yang terkena dampak polusi dari cerobong asap pabrik, sehingga Komisi B akan segera memanggil pemilik Pabrik, pihak Kecamatan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), sehingga secepatnya dapat diambil langkah atau solusi agar warga tidak lagi merasakan dampak buruk akibat pencemaran polusi udara dari asap pabrik, bisa saja izin AMDAL Pabrik tersebut tidak ada," terang anggota DPRD Kota Medan dari Daerah Pemilihan 4 Kota Medan tersebut.

Tambah anggota Komisi B DPRD Kota Medan ini lagi, agar warga jangan pernah takut untuk melaporkan permasalahan yang di temui di lingkungan sekitar, karena faktor ada tekanan dari pihak-pihak tertentu.

"Warga Canang yang tinggal dekat lokasi pabrik yang merasa ada dirugikan, jangan takut untuk melaporkan kepada kami anggota DPRD Kota Medan," pungkasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, puluhan warga Canang, Kecamatan Medan Belawan mengeluhkan pencemaran udara yang dialami mereka yang di sebabkan dari asap tebal berwarna hitam yang keluar dari cerobong asap PT Canang Indah. Dampak dari kepulan asap tersebut telah menyebabkan banyak rumah-rumah warga sekitar yang berdebu dan berbekas hitam.

Parahnya, telapak kaki warga yang menginjak badan jalan dan keramik rumah dan jemuran pakaian juga menjadi hitam.

Selain itu, kumpalan asap yang bersumber dari sisa pembakaran pengoperasian Pabrik telah menyebabkan masyarakat sekitar terserang batuk dan sesak nafas.#AG






Share it:

Medan

Wakil Rakyat

Post A Comment:

0 comments: