Diumumkan 17 April 2018, 31.737 Pendaftar Jalur SNMPTN 2018 Unimed

Share it:

Medan-Hariancentral.com : Setelah resmi pendaftaran SNMPTN 2018 ditutup oleh panitia pusat pada 6 Maret 2018, terdata jumlah pendaftar memilih Universitas Negeri Medan 31.737 orang.

Pendaftar tersebut berasal dari seluruh Indonesia.

Sesuai ketentuan panitia pusat melalui jalur SNMPTN diterima ke Unimed 1.500 orang, disalurkan ke 48 Prodi yang ada. Terlihat begitu ketatnya persaingan untuk bisa masuk menjadi mahasiswa baru di Unimed, kata Rektor Unimed Prof Dr Syawal Gultom MPd melalui Humas M Surif di Medan, Kamis (8/3/18) sore.

Dikatakannya, jalur SNMPTN akan diumumkan oleh panitia pusat secara online pada 17 April 2018 melalui laman http://snmptn.ac.id.

Sepuluh Prodi favorit di Unimed jalur SNMPTN 2018 yang peminatnya terbanyak antara lain Prodi PGSD FIP dengan pendaftar 3.161, Prodi Manajemen FE, pendaftar 2.083, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FBS, pendaftar 1563, Prodi Akuntansi FE, pendaftar 1465.

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS, pendaftar 1434, Prodi Pendidikan Bimbingan dan Konseling FIP, pendaftar 1346, Prodi Pendidikan Matematika FMIPA, pendaftar 1344, Prodi Pendidikan Biologi FMIPA, pendaftar 1332, Prodi Administrasi Perkantoran FE, pendaftar 880 dan Prodi Pendidikan Geografi FIS pendaftar 873.

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FIP Unimed setiap tahunnya tercatat sebagai prodi favorit. Bisa jadi dilatarbelakangi oleh peluang kerja pada lulusan prodi PGSD yang menjanjikan, sehingga pendaftar mengejar untuk bisa masuk PGSD, walau sangat ketat persaingannya.

Dikatakan,memang semua program studi di Unimed memiliki peminat yang cukup tinggi. Sedangkan setiap Prodinya hanya menerima ± 50-100 mahasiswa baru.

Jumlah pendaftar terbanyak mengindikasikan prodi tersebut memang sangat diminati masyarakat. Bisa jadi berkorelasi dengan peluang kerja setelah lulus nantinya. Unimed akan terus menata segala lini untuk kemajuan Unimed menjadi universitas terbaik, bermutu dan berdaya saing.

Upaya kesungguhan dan keseriusan kita telah ada hasil gemilang dari sisi hasil visitasi akreditasi institusi Unimed sudah A dan 48% akreditasi program studi juga sudah A dan tidak ada lagi Prodi yang akreditasinya C.

Kita bersyukur dari sisi akreditasi institusi dan prodi kita telah sangat meningkat, kita targetkan tahun depan 80 % Prodi di Unimed sudah terakreditasi unggul, yakni A.

Selain itu, kita juga telah menerapkan kurikulum berbasis KKNI di semua program studi sejak 2016. Melalui kurikulum ini, diharap lulusan Unimed memiliki kompetensi yang dibutuhkan pada pasar kerja, sehingga mudah menyesuaikan serta bersinergi di tempat kerja lulusan.

Kita juga sedang meningkatkan kerjasama pada semua instansi/lembaga yang dapat mendukung kemajuan Unimed dan memberikan akses semudah mungkin untuk lulusan dalam memperoleh pekerjaan yang terbaik. *IRN

Share it:

Medan

Pendidikan

Post A Comment:

0 comments: