Dekranasda Gelar Pelatihan Kerajinan Rajut

Share it:

Teks Foto : Ketua Dekranasda Aceh Timur, Hj Fitriani D Hasballah SH MH, membuka Pelatihan Kerajinan Rajut di Gedung Dekranasda Aceh Timur di Idi, Selasa (20/3/18) *hariancentral.com-Juanda



IDI-hariancentral.com : Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Aceh Timur, Hj Fitriani D Hasballah SH MH, membuka Pelatihan Kerajinan Rajut, Selasa (20/3/18).

Kegiatan yang melibatkan 20 peserta dari berbagai Kecamatan itu dipusatkan di Gedung Dekranasda Aceh Timur di Idi, sejak 20-23 Maret 2018.

Hj Fitriani dalam sambutannya mengatakan, pihaknya terus melakukan pembinaan terhadap pengrajin yang ada di Aceh Timur. Tujuannya adalah untuk meningkatkan daya saing produk kerajinan. “Kreatifitas dari pengrajin dalam menghasilkan produk kerajinan haruslah memadukan antara hasil seni dengan selera pasar atau konsumen,” katanya.

Menurutnya, pengembangan hasil kerajinan agar menjadi produk unggulan dengan daya saing yang tinggi diperlukan adanya strategi diantaranya faktor kualitas produk dan kreatifitas diantara faktor kualitas produk dan kreatifitas berupa keunikan dan nilai seni yang tinggi.

Melalui pelatihan itu, Hj Fitriani mengharapkan peserta memperoleh bekal pengetahuan mengenai kerajinan rajutan, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan menjadi peluang bisnis bagi peserta. “Muda-mudahan, pengrajin disini dapat bersaing dengan pengrajin ditempat lain nantinya,” ujar Hj Fitriani.

Setelah pelatihan, para peserta juga diharapkan dapat mengembangkan kreatifitas kerajinan rajut menjadi usaha yang akan membantu pengrajin di Aceh Timur. “Semoga pelatihan ini bermanfaat dan dapat mengembangkannya di Kecamatan masing-masing menjadi produk unggulan,” kata Hj Fitriani. *JUA.







Share it:

daerah

Pemkab

Post A Comment:

0 comments: