4 Fakta Kesehatan Menarik Soal Menahan Kencing - HarianCentral.com

Breaking

Menyuarakan Kebenaran Demi Keadilan

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Saturday, 3 March 2018

4 Fakta Kesehatan Menarik Soal Menahan Kencing

Foto.|Ilustrasi| 
Jakarta-HarianCentral.com: Anda termasuk yang mana, sulit menanhan kencing karena tak kuat menahan? atau malah sering menahan kencing?

Buang air kecil atau kencing merupakan proses pembuangan urine (air seni) dari tubuh. Sama seperti berkeringat, kencing adalah proses dikeluarkannya zat-zat yang sudah tak lagi dibutuhkan oleh tubuh.

Normalnya, manusia dewasa kencing hingga 7-8 kali dalam sehari. Namun dalam keseharian, ada saat-saat di mana kita tidak sempat untuk kencing, entah karena macet di jalan, atau sedang berada di tempat dengan akses toilet terbatas.

Lalu, apa jadinya jika kita menahan kencing? Dirangkum dari Healthline, berikut 4 fakta menarik jika menahan kencing.

1. Daya tampung

Manusia dewasa yang sehat mampu menampung hingga 450 gram air kencing di saluran kemihnya. Semakin muda seseorang, semakin kecil pula daya tampung saluran kemih.

Anak-anak yang berusia di bawah 2 tahun sulit menahan kencing karena memang daya tampungnya sangat kecil, hanya kurang lebih 100 gram.

2. Risiko bahaya

Jika hanya sesekali, menahan kencing tidak menyimpan risiko bahaya. Namun pada kasus tertentu, menahan kencing terlalu lama bisa menyebabkan beberapa komplikasi.

Beberapa penyakit yang bisa muncul jika sering menahan kencing antara lain adalah pembesaran prostat, infeksi saluran kencing, hingga gangguan ginjal.

3. Rasa nyeri

Pada sebagian orang, menahan kencing bisa menimbulkan rasa nyeri di bagian perut bawah. Hal ini terjadi karena otot-otot di salurang kencing menahan dengan sekuat tenaga agar kencing tidak terjadi.

Kondisi ini juga lazim terjadi pada wanita yang sedang hamil atau baru melahirkan. Hal inilah yang membuat mereka lebih tidak kuat menahan kencing dibandingkan orang dewasa lainnya.

4. Trik menahan kencing

Saat kandung kemih hampir penuh, saraf-saraf di sekitarnya akan mengirimkan sinyal ke otak yang memicu perasaan ingin kencing. Namun jika sulit, ada beberapa trik yang bisa dilakukan.

Pertama adalah melatih otot-otot di sekitar saluran kencing untuk menghindari 'kebocoran'. Kedua, alihkan perhatian otak dari rasa ingin kencing dengan memainkan smartphone, membaca buku atau mendengarkan musik.

Ketiga, cari tempat duduk dan usahakan jangan berdiri. Terakhir, jaga temperatur di sekitar tetap hangat karena udara dingin meningkatkan rasa ingin kencing. #J|(dtc)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here