Ribuan Pelajar Saksikan Incredible India Education Fair 2018

Share it:
Medan - hariancentral.com : Incredible India Education Fair (IIEF) adalah pameran pendidikan Universitas India di Jakarta dan Medan, Indonesia yang terbuka untuk umum

Pemerintah India menawarkan beasiswa mulai dari Strata satu (S1) hingga Strata Tiga (S3) dan CSR bagi mahasiswa yang memilih jurusan Informasi Teknologi (IT).

Demikian dikatakan Consulat General Of India di Medan Dr Shalia Shah kepada wartawan usai membuka acara Incredible India Education Fair 2018 di aula Ignasius Washinton Purba Kampus Universitas Sari Mutiara Selasa (6/2).

Acara tersebut dihadiri, Director Tie Ups Internasional Ravi Makhija, Rektor USM Indonesia Dr Ivan Elisabet Purba MKes, Kadis Pendidikan Sumut diwakili Agus Marwan , Kadis Budpar Sumut Elisa Marbun, Ketua Aptisi Dr Bahdin Nur Tanjung dan undangan lainnya, juga ribuan pelajar saksikan Incredible India Education Fair 2018

Shalia Shah mengatakan saat itu hadir dari India utusan 13 universitas terkenal dan kualitas dunia diantaranya universitas negeri yang terletak di New Delhi.Ke-13 Universitas itu, Acharya, DelTech, Lovely Professional University, Manipal, Nite Deemed to Be University, Nite Meenakshi Institut of Technology, Sathyabama, Sharda University, Somaiya Vidyavihar, Sri Ramakrishna Educational Institutions dan Vellore Institute of Technoloy, “Ada universitas terkenal di India Utara, Selatan dan Timur. Paling banyak bidang kesehatan dan tehnik,” jelas Shalia.

Shalia menyebut warga turunan India di Sumatera hampir 40.000 orang, sedangkan expatriat (WN India) sekira 200 orang umumnya bekerja sebagai profesional, accounting dan marketing, termasuk tenaga ahli di beberapa perusahaan. Namun khusus di Batam sendiri expatriat hampir 800 orang karena di sana ada banyak perusahaan dari Singapura.

Direktur The UPS International Ravi Makhija menambahkan saat ini ada 150 siswa Indonesia yang belajar di India, paling banyak dari Aceh. “ India Education Fair salah satu upaya menarik pelajar Indonesia ke India,” kata Ravi.

Kata Ravi kegiatan ini memasuki tahun keempat dilaksanakan. Medan yang sebelumnya digelar di Jakarta, Jogjakarta dan lainnya.

Rektor Universitas Sari Mutiara Dr Ivan Elizabeth Purba MKes mengatakan sedikitnya ada 1000 siswa di Medan yang hadir pada India Education Fair.Pameran ini membuka mata para pelajar untuk memilih universitas di India .“ Globalisasi sudah diambang mata jadi mari bergandengan tangan dengan India,” katanya.

Dr Madhukar Mallya H dari Universitas Manipal menyebut biayanya memang lebih murah. Sebagai contoh untuk S1 Kedokteran biayanya sekira 200.000 dolar AS selama lima tahun. Gubsu diwakili Kadis Pariwisata Sumut Elisa Marbun mengatakan terlaksananya pameran India Education Fair diharapkan mampu membawa dampak positif bagi peningkkatan pendidikan masyarakat Sumut dan Indonesia pada umumnya.

Incredible India Education Fair (IIEF) diselenggarakan oleh TIE UPS International berkoordinasi dengan Kedutaan Besar India di Indonesia dan Konsulat Jenderal India di Jakarta dan Medan, yang membuka kesempatan bagi pelajar muda Indonesia untuk belajar di India di samping mendapatkan beasiswa yang ditawarkan. oleh Pemerintah India.

Perguruan Tinggi Swasta. India dikenal di seluruh dunia untuk Fakultas / dosen dan sistem pendidikannya yang memiliki Standar Internasional dengan biaya hidup dan pendidikan yang terjangkau. “Saya berharap banyak pelajar asal Sumut yang mengenyam pendidikan di universitas ternama di India,” katanya  *AG
Share it:

Medan

Pendidikan

Post A Comment:

0 comments: