Menyambut Pilkada 2018

Share it:
hariancentral.com : PALING lambat akhir Pebruari ini pemandangan sudut  desa sampai kota bakal ramai dengan warna dan slogan. 
Menyambut  Pilkada 2018,  spanduk, umbul-umbul, poster, dan baliho akan meyesaki jalanan. Tak salah memang, sebab inilah cara mudah menemui calon pemilih lewat media yang dijadikan sarana memperkenalkan diri, selain melalui media sosial, cetak dan elektronik.
Masyarakat awam laksana objek dalam fenomena itu, namun mereka sudah terbiasa menghadapinya. Tapi, jangan salah mengartikan, komponen masyarakat tersebut sudah sangat berpengalaman dalam member nilai.
Kita mengajak untuk mengoreksi lebih jauh dan membaca beberapa moto atau slogan mereka. Biasanya tim para calon mengusung tema-tema kesehatan, kebersihan, keamanan, kerapian dan lain sebagainya.
Silakan menilai sendiri fenomena yang bertentangan antara slogan dan atribut yang kurang ramah terhadap tradisi. Bila calon kepala daerah dan calon wakilnya menghendaki lingkungan yang nyaman, sehat, indah, sedap dipandang, tentu bisa memulainya dari sekarang.
Sekaranglah diketahui gaya pemimpin bukan hanya  semangat merebut, posisi melainkan  memiliki ragam langkah awal bisa mengedukasi masyarakat, jadi suri teladan yang kelak menjadi  pedoman yang cerdas dan bijaksana.
Mengubah kebiasaan memang sulit dan tidak bisa lahir dalam jangka waktu dekat. Jika diterapkan dengan baik, akan ada kampanye yang indah dan mendidik masyarakat. Sentuhan yang dianggap kecil bisa menjadi alternative solusi besar, dalam hal ini  kearifan lokal.
Dalam praktiknya nanti bakal ketahuan,  pemanfaatan tempat  khusus di jalanan tertentu, titik-titik keramaian  bahkan bangunan yang layak. Melalui pilihan ini bisa juga diambil kesimpulan pemasangan gambar atau media apa saja menjadi penilaian terhadap tim pilihan yang dimanfaatkan tokoh tersebut.
Rapi, bersih dan ramah lingkungan tentu menjadi penilaian sendiri  dari lingkup persiapan pada calon bahkan bias jadi tercerminan perangainya.Sosok pimpinan yang peduli  hal ini akan mendewasakan masyarakat  dalam menentukan pilihan. *RED

Share it:

Pilkada

Post A Comment:

0 comments: