BNSP Serahkan Sertifikat LSP-P1 ke SMK Dwiwarna

Share it:

Teks Foto : Anggota BNSP Nurmaningsih menyerahkan sertifikat LSP-P1 kepada Kepala SMK Dwiwarna Medan Dra Tengku Syafriani disaksikan Ketua Yayasan Pendidikan dan Sosial Dwiwarna Cemerlang SE didampingi Yusran. *hariancentral.com-Saipul

Medan-hariancentral.com : Anggota Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Nurmaningsih menyerahkan sertifikat Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP)-P1 kepada SMK Dwiwarna Medan di Jalan Gedung Arca, baru-baru ini.

Sertifikat tersebut langsung diterima Kepala SMK Dwiwarna Dra Teng­ku Syafriani disaksikan Ketua Yayasan Pendidikan dan Sosial Dwiwarna Cemer­lang SE dan tiga asesor kompetensi SMK Dwiwarna serta Dinas pendidikan Sumut dan Medan.

Anggota BNSP Nurmaningsih me­nyam­paikan, dengan dikeluarkannya LSP-P1 oleh BNSP, berarti telah sah sertifikasi kepada siswa dan siswi SMK Dwiwarna dengan delapan skema sertifikasi.

Dia mengakui masih ada kekurangan dalam hal asesor di SMK Dwiwarna karena masih tiga orang yang lulus kompetensi, sementara ada 8 skema sertifikasi.

Namun tiga asesor tersebut sudah bisa melakukan uji kompetensi kepada siswa SMK Dwi­warna.

"Adanya LSP-P1 ini momentum yang sangat tepat. Karena sebelum ujian akhir na­sio­nal, siswa SMK Dwiwarna bisa melak­sanakan uji kompetensi. Ujian itu sesuai dengan 8 skema sertifikasi," tandasnya.

Dia menambahkan LSP-P1 ini berlaku tiga tahun. Oleh karen itu manfaatkan kesem­patan itu dengan sebaik-baiknya untuk anak didik kita.

Sebelumnya Ketua Yayasan Pendidikan dan Sosial Dwiwarna Medan, Cemerlang SE mengatakan, merupakan kebanggaan ter­sen­diri bagi pendidikan SMK Dwiwarna karena tiga orang tenaga pendidik terpilih menjadi asesor kompetensi di sekolah ini.

Ketiga asesor kompetensi itu Husni Amril ST (Teknik Audio Video), Dian Kur­nia ST MKom (Teknik Komputer Jari­ngan) dan Das­miral ST (Teknik Sepeda Motor). "Saya harap­kan lebih dari tiga yang diperun­tukkan untuk anak-anak didik kita dalam mengha­dapi persaingan diluar nanti setelah tamat sekolah," ucapnya.

Kepala SMK Dwiwarna Medan Dra Tengku Syafriani menjelaskan, LSP SMK Dwiwarna Medan merupakan LSP-P1 yang artinya lembaga pendidikan yang dapat menghasilkan para peserta didiknya dan pe­serta didik aliansi untuk mendapatkan serti­fikat kompetensi kerja.

Dia menerangkan, Sertfikasi Kompetensi Kerja adalah proses pemberian sertifikat kompetensi yang dilakukan secara sistematis dan obyektif melalui uji kompetensi yang mengacu kepada standar kompetensi kerja nasional Indonesia, Internasional dan/atau standar khusus.

Sedangkan Profesi adalah suatu bidang pekerjaan yang untuk melaksanakannya diper­lukan kompetensi kerja tertentu yang dipersyaratkan oleh dunia kerja baik jenis maupun kualifikasinya. Sementara kompe­tensi kerja adalah kemampuan kerja setiap individu yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan/keahlian dan sikap kerja yang sesuai dengan standar yang ditetapkan.

"Manfaat sertifikat kompetensi adalah pengakuan kompetensi, remunerasi, dan jenjang karir," terangnya.

Kepada anak didiknya, Tengku juga berpesan agar memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya agar dapat bersaing di dunia kerja yang akan datang.

"Saat ini SMK Dwiwarna Medan memi­liki 3 kompetensi keahlian yakni Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Pemesinan, dan Teknik Instalasi Tenaga Listrik," pung­kasnya. *PUL




Share it:

Medan

Pendidikan

Post A Comment:

0 comments: