FMIPA Unimed Bekali Mahasiswa Magang

Share it:

Teks Foto : Rektor Unimed Prof Dr Syawal Gultom MPd bersama mahasiswa magang. *hariancentral.com - Ist

Medan - hariancentral.com : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA Unimed) menggelar acara pembekalan mahasiswa magang I dan II kepada mahasiwa stambuk 2016 dan 2017 di Auditorium Unimed, Kamis (22/2/18) kemarin. Sebanyak 1546 orang dari prodi Matematika, Biologi, Fisika, dan Kimia yang mengikuti pembekalan magang tersebut.

Sejak diberlakukannya kurikulum baru berbasis KKNI, bagi mahasiswa Program Studi Kependidikan akan melakukan magang ke sekolah selama 3 kali yakni semester II, IV dan VI. Sedangkan bagi Program Studi Non kependidikan akan melakukan magang ke lembaga kerja sesuai bidang ilmunya selama 2 kali yakni pada semester III dan VI.

Dalam kurikulum berbasis KKNI, kegiatan magang dilakukan untuk mendekatkan dan melatih mahasiswa kepada pasar karja yang akan mereka geluti setelah tamat. Kegiatan magang pertama yang akan dilakukan oleh mahasiswa bentuknya masih dalam bentuk observasi. Mencari permasalahan dan kendala-kendala yang dialami di sekolah dalam proses pengajaran. Kemudian ditindaklanjuti bersama dosen di kelas dalam bentuk diskusi aktif.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai pembekalan kepada mahasiswa agar mempersiapkan konsep materi dan permasalahan apa yang akan dicari di tempat magang nantinya. Rektor Unimed Prof Dr Syawal Gultom MPd memberikan pembekalan sekaligus pembicara pada kegiatan tersebut.

Rektor mengatakan, kita harus merubah cara evaluasi dan penilaian kepada peserta didik, tidak menilai dengan rasa kasihan. Penilaian yang didasari dengan rasa kasihan akan membunuh masa depan peserta didik.

Dengan adanya pelaksanaan magang I dan II berdasarkan KKNI diharapkan ada penguatan kompetensi guru sebagai pendidik profesional, dapat melatih mahasiswa mematangkan alur pikir dan mahasiswa dapat menyatukan konsep teori dan realitas di lapangan.

Jika sejak dini mahasiswa bisa memahami segala permasalahan yang dialami oleh guru dalam proses pembelajaran, kemudian dilanjutkan dalam analisis bersama mencari alternatif solusi terbaik. Maka akan terlatih mahasiswa tersebut dengan realitas masalah kependidikan dan pengajaran.

Dekan FMIPA Dr Martina Restuati MSi memaparkan hasil evaluasi semester genap yang lalu. Data-data tersebut menjadi bahan persiapan magang, pelaksanaan magang di sekolah dan refleksi magang yang akan dilaksanakan.

Bimbingan dan arahan Rektor menambah wawasan dan pemahaman bagi mahasiswa dalam melakukan magang nantinya, semoga dapat diaplikasikan sehingga mencapai tujuan bersama.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Rektor yang telah memberikan pemahaman dan pengalaman mengenai magang I dan II semoga nantinya dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik dan sukses,” katanya. *IRN



Share it:

Medan

Pendidikan

Post A Comment:

0 comments: