KPU Sumut Rampungkan Vertul 12 Parpol

Share it:

Medan-hariancentral.com : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara pada hari terakhir, Selasa (30/1) kembali melakukan verifikasi faktual (Vertul) kepengurusan partai di Sumut. Ada enam parpol dilakukan verifikasi yakni Partai PKS, Gerindra, PPP, PAN, Demokrat dan Hanura,

Kegiatan Vertul ini dilakukan secara serentak oleh KPU Sumut yang sebelumnya telah melakukannya ke Partai PDIP, PBB, PKPI, Nasdem, Golkar dan PKB.

Dalam melakukan Vertul ke DPD Partai Gerindra Sumut yang berada di Jalan DI Panjaitan Medan berjalan dengan lancar. Bahkan tidak ada kendala sedikitpun, begitu petugas KPU Sumut melakukan pengecekan dan pencocokan data yang ada di partai besutan Prabowo ini.

"Kami kembali melakukan verifikasi faktual kepengurusan Parpol tingkat provinsi. Semalam kami sudah melakukan verifikasi 6 Parpol, dan kali ini kami kembali melakukan verifikasi 6 Parpol lainnya," ujar ketua KPU Sumut Mulia Banurea ketika ditanya wartawan saat berada di kantor DPD Gerindra Sumut.

Mulia menjelaskan, dalam verifikasi Parpol tingkat provinsi, pihaknya hanya memverifikasi kepengurusan partai seperti diantaranya ketua, sekretaris, bendahara dan juga alamat berdomisilinya kantor.

"Dalam verifikasi faktual kepengurusan juga harus memperhatikan keterwakilan perempuan 30 persen. Yang perlu ditekankan domisili kantor Parpol tidak boleh pindah sampai tahapan Pemilu 2019 selesai," ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPD Gerinda Sumut Gus Irawan mengatakan, pihaknya akan mematuhi ketentuan yang berlaku. Baginya, melalui verifikasi ini, pihaknya yakin sudah memenuhi ketentuan. Karena secara internal, telah menyiapkan segala sesuatunya, dan melakukan vertul hingga ke tingkat paling rendah.

"Kami sebetulnya sudah melakukan secara internal, verifikasi hingga ke tingkat kabupaten/kota untuk menghadapi Pilgub," katanya.

Sementara Ketua Bawaslu Sumut Syafrida R Rasahan menjelaskan, sejauh ini verifikasi berlangsung lancar. Dari semua Parpol yang telah didatangi oleh KPU dan Bawaslu, tidak ada ditemukan masalah yang berarti. Mengenai hasil verifikasi awal, KPU akan mengumumkannya, Rabu (31/1) hari ini.

"Semalam sudah enam Parpol, sekarang enam lagi, sejauh ini semuanya aman dan lancar. Besok KPU juga akan menyerahkan berita acara verifikasi ini," katanya.

Meskipun masih ditemukan sedikit masalah, namun Syafrida menjelaskan, selama masih batas aman, itu tidak menjadi persoalan.

Ia mengatakan, bagi Parpol yang belum lolos pada verifikasi awal, akan diberikan waktu perbaikan selama dua hari.

"Sepanjang masih on the track, itu tidak menjadi masalah. Besokkan KPU akan menyerahkan hasil verifikasi awal, dan pada 1-2 Februari akan diberi waktu memperbaiki, lalu nantinya pada 3 Februari, KPU akan kembali lagi melakukan verifikasi lagi," ucapnya.

Sementara itu dihari yang sama, komisioner KPU Sumut Iskandar Zulkranain melakukan verikasi faktual terhadap partai Hanura di kantornya mengatakan, pada komponen kepengurusan inti dinyatakan, Partai Golkar telah memenuhi syarat (MS) verifikasi faktual. Pengurus itu terdiri dari Ketua Umum, Sekretaris dan Bendahara.

Nama-nama pengurus inti yang hadir dan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP), serta Kartu Tanda Anggota (KTA).

"Berdasarkan SK nama-nama yang ada SK sudah dicocokkan dengan KTA dan KTP dan hadir maka untuk komponen pengurus inti dinyatakan memenuhi syarat," katanya

Sementara pada komponen domisili, Partai Hanura memenuhi syarat. Alamat Kantor Hanura yang dikunjungi oleh tim verifikasi KPU Sumut, sama dengan yang dilaporkan dan diunggah dalam sistem informasi partai politik (sipol Alamat kantor Hanura juga sesuai dengan dengan dokumen F4 surat pernyataan bahwa gedung digunakan sampai pelaksanaan Pileg dan Pilpres.

Sedangkan pada keterwakilam perempuan, Hanura memenuhi syarat, jumlah perempuan dalam kepengurusan tingkat propinsi hanya 60 orang dari 260 orang kepengurusan.

Ketua DPD Hanura Sumut Kodrat Shah berharap partainya bisa lolos verifikasi faktual sehingga dapat mengikuti pemuli 2019 mendatang dan menargetkan memperoleh kursi di DPRD Sumut dari 10 kursi sekarang menjadi 20 kursi.

"Target ini kita harapkan bisa tercapai, dan untuk mewujudkan itu pihaknya berusaha keras dengan pengurus kabupaten/kota di Sumut,” katanya.

Selain Hanura Sumut, verivikasi faktual juga dilakukan oleh KPU Kota Medan kepada DPC Hanura Kota Medan di kantor DPC Hanura. Hendra DS mewakili ketua DPC Hanura Kota Medan Bangkit Sitepu berharap, kursi DPRD Kota Medan pada pileg 2019 mendatang bisa bertambah dari 7 menjadi 10 kursi.

Verivikasi faktual KPU Medan juga dilakukan di Kantor DPC PDI Perjuangan dan diterima Ketua DPC PDI Perjuangan Hasyim SE. Dirinya yakin PDIP lolos pada ferivikasi faktual ini. *PUL


Share it:

KPU

Medan

Parpol

Post A Comment:

0 comments: