Koramil 0824/02 Arjasa Bersama Masyarakat Bersihkan Longsor

Share it:

Jember-hariancentral.com : Hujan lebat sepanjang waktu yang melanda wilayah Kabupaten Jember beberapa hari ini mengakibatkan adanya longsoran-longsoran bukit atau tebing yang berada di tepi jalan atau saluran irigasi bahkan beberapa menyasar perkampungan.

Seperti yang terjadi di Dsn Rayab Ds Kemuningsarilor Kec Arjasa terdapat tebing yang longsor dan menutup saluran irigasi sepanjang 20 meter dan lebar 15 meter dan berdampak pada sekitar 320 hektar sawah yang dialiri oleh pengairan irigasi dari saluran tersebut.

Pada Senin (29/01/2018) Pukul 07.00 WIB dilaksankan Karya bakti TNI dengan sasaran membuka saluran irigasi tersebut dengan melibatkan personel Koramil 0824/02 sebanyak 11 orang, Satpol PP Kecamatan Arjasa 5 orang, Dinas Pengairan 6 orang dan masyarakat sebanyak 53 orang.

Dengan menggunakan alat berat bego bantuan dari Dinas Pengairan Kabupaten Jember akhirnya saluran irigasi tersebut dapat berfungsi kembali, salah satu warga masyarakat yang turut karya bakti TNI tersebut Sunardi 37 tahun menyampaikan bahwa kalau saluran irigasi ini tidak segera berfungsi maka akan mengering tanamannya karena hanya saluran ini harapannya.

Dengan adanya karya bakti TNI ini saya sangat berterima kasih kepada Koramil Arjasa yang turun langsung dipimpin oleh Danramil, dengan demikian maka semangat masyarakat semakin tinggi dan hasilnya saluran ini dapat mengalir kembali.

Danramil 0824/02 Arjasa Kapten Arm Fathulloh saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa setelah menerima laporan dari Babinsa Serda Matngali, dirinya langsung memutuskan untuk dilakukan karya bakti TNI ini, guna mempercepat pembersihan saluran irigasi agar pengairan dapat berjalan lancar kembali.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa upaya tanggap darurat seperti itu patut kita apresiasi, apalagi menyangkut saluran irigasi yang akan berpengaruh pada pertanian seluas itu tentunya juga akan berpengaruh pada program ketahanan pangan kita di jember.

Demikian halnya kepada pihak-pihak terkait seperti Dinas Pengairan saya juga menyampaikan terima kasih telahg dibantu dengan peralatan berat untuk mempercepat proses pengerukkannya, sehingga petani tidak terhambat lagi saluran irigasinya. *SIS24




Share it:

daerah

TNI

Post A Comment:

0 comments: