DPRD : Kabid Perparkiran Tak Becus Bekerja

Share it:

Medan-hariancentral.com : Kepala Bidang Perparkiran Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan Reyes, dituding tak becus bekerja.

Ini disebabkan masih maraknya keberadaan juru parkir (jukir) nakal dan liar di Medan, yang kerap meresahkan masyarakat. "Saya pikir ada satu bidang di Dishub yang sekarang ini timpang dalam bekerja, yaitu kabid parkir.

Banyak sekali saya mendapat laporan dan pengaduan masyarakat, bahwa keberadaan jukir-jukir liar ini sangat meresahkan. Kemana Kabid parkirnya itu kenapa lambat merespon keluhan masyarakat," kata Anggota Komisi A DPRD Medan, Roby Barus, Kamis (25/1).

Ia menilai, penindakan terhadap jukir liar dan nakal di Medan semacam hal klasik. Sebab tidak mampu diselesaikan dari waktu ke waktu. Padahal Dishub punya wewenang bersama Kepolisian melakukan penindakan. "Ini yang kita heran. Kemana saja selama ini Kabid parkir Dishub. Harusnya dia mampu merespon keluhan dan juga instruksi pimpinannya, dengan melakukan penertiban," katanya.

Politisi PDI Perjuangan ini menambahkan, beberapa ruas jalan kerap terjadi kemacetan lalu-lintas akibat amburadulnya kenderaan parkir.

Bahkan di kawasan seperti Jalan Asia, HM Yamin dan Jalan SM Raja, laju kenderaan kerap melambat akibat kenderaan parkir di tepi jalan. "Padahal sudah ada aturannya, bahwa di ruas nasional tidak boleh ada parkir kenderaan. Konon lagi ada pengutipan parkir. Itu kemana uangnya," tanya Roby.

"Kepada pengelola parkir kiranya kerjasama dengan Dishub dapat dikaji ulang, sehingga penataan kenderaan benar-benar tidak menimbulkan kemacetan arus lalu lintas. Kita hanya gak mau melihat Medan semakin semrawut, hanya gara-gara kabid parkir tidak mampu mengakomodir mitra kerja dan anggotanya di lapangan," katanya.

Disamping itu ia berharap, kegiatan penggembosan dan penguncian roda kenderaan terus digalakkan terutama pada jalur pedestrian (trotoar) yang telah dibangun Pemko Medan, sehingga ada efek jera yang dirasakan pengendara yang tak taat dengan aturan.

Kabid Parkir Dishub Medan, Reyes, sebelumnya mengaku pihaknya akan segera menginstensifkan penertiban terhadap jukir nakal dan liar di seluruh wilayah Kota Medan.

Namun dalam waktu dekat ini, kegiatan bersama pihak Kepolisian tersebut akan menyisir wilayah inti kota dahulu. "Sesuai arahan pak Kepala dinas, bersama bidang terkait dan Kepolisian kami akan mulai menertibkan jukir-jukir liar tersebut," katanya.

Dia mengklaim, bersama Kepala Bidang Pengembangan, Pengendalian dan Keselamatan (PP&K) Edison Brase Sagala, sudah melakukan penindakan terhadap seorang jukir, Senin (22/1).

Petugas Dishub pun menarik bad jurkir tersebut, sementara jukir lainnya pada kabur. "Tepatnya di Jalan Taruma Medan. Tapi baru satu orang saja yang berhasil kami tarik bad-nya," ungkapnya.

Tak hanya itu, upaya penggembosan dan pengempesan ban kenderaan yang sembarang parkir pada jalur pedestrian pun menjadi atensi khusus mereka. Jukir yang notabene berada di titik-titik jalur pedestrian, termasuk akan diprioritaskan ditertibkan. "Khusus jukir resmi apabila ketahuan, akan kita bawa ke kantor dan tarik bad-nya untuk tidak bisa bertugas lagi. Bagi jukir liar tentu kami akan melibatkan pihak Kepolisian agar dilakukan penangkapan dan pembinaan," terangnya. *AG

Share it:

Medan

Wakil Rakyat

Post A Comment:

0 comments: