Kabupaten Karo Juara 1 Perlindungan Varietas Lokal

Share it:
TEKS FOTO: Bupati Karo saat menerima Piala Penghargaan Apresiasi dari Kadis Pertanian Karo Sarjana Purba di ruang kerja Bupati Karo. *hariancentral.com-Ist

KABANJAHE-hariancentral.com: Pemerintah Kabupaten Karo berhasil memenangkan Apresiasi Perlindungan Varietas Tanaman (PVT) Tahun 2017 sebagai juara 1 Tingkat Nasional (Kabupaten/Kota dan Provinsi) dengan Kategori Perlindungan Varietas Lokal.

Pemerintah Kabupaten Karo telah mendaftarkan 3 komoditi unggulan yaitu komoditi Wortel, Kacang Kapri (Ercis) dan Kol Bunga. Ketiga Komooditi tersebut diberi nama Wortel Karo, Ercis Berastagi dan Kol Bunga Karo.

Penghargaan (Apresiasi) tersebut diberikan oleh Menteri Pertanian RI yang diwakilkan oleh Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perijinan Pertanian Kementerian Pertanian yang dilaksanakan di Gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur pada tanggal 6 Desember 2017 yang lalu.

Hal itu disampaikan Kadis Pertanian Karo Sarjana Purba, Rabu (13/12) kepada Wartawan, usai menyerahkan Piala Penghargaan kepada Bupati Karo.

Penghargaan (Apresiasi) tersebut diberikan kepada Bupati Karo yang diwakilkan oleh Assisten Ekonomi dan Pembangunan Jernih Tarigan SH didampingi Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karo Sarjana Purba STP MM.

Apresiasi tersebut diberikan kepada kabupaten/kota atau provinsi yang mampu melindungi Varietas Lokal Unggulan di daerah masing-masing.

Untuk selanjutnya ke tiga komoditi tersebut akan diregistrasi melalui Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB) untuk mendapatkan hak paten benih.

Menurut Sarjana Purba, tujuan didaftarkannya Varietas Lokal Unggulan ini adalah untuk menjaga agar komoditi lokal tersebut tidak diklaim oleh daerah lain ataupun pihak swasta yang berniat untuk mengembangkannya atau mengkomersilkannya. Sehingga jika pihak swasta (Perusahaan swasta) hendak mengkomersilkannya maka harus mendapat ijin terlebih dahulu kepada Pemerintah Karo.

Disamping itu menurutnya, komoditi lokal unggulan tersebut dapat terus dikembangkan sehingga mampu dipergunakan oleh petani sehingga mampu meningkatkan produksinya, khususnya komoditi Wortel, Ercis dan Kol Bunga yang telah didaftarkan tersebut. *BER


Share it:

daerah

Motivasi

Pemkab

Post A Comment:

0 comments: