BPJS Mandiri Bisa Beralih Ke BPJS PBI

Share it:

MEDAN-hariancentral.com: Peserta BPJS mandiri (bayar sendiri) diperbolehkan beralih menjadi peserta BPJS PBI jika ditengah jalan tidak mampu lagi membayar iuran disebabkan kesulitan ekonomi bisa beralih menjadi peserta BPJS PBI (penerima bantuan iuran). Iuran peserta BPJS PBI ditanggung oleh pemerintah yang anggarannya ditampung APBD.

Buana Pranata Ginting dari BPJS Medan mengatakan, peserta BPJS mandiri boleh beralih menjadi BPJS PBI kalau tidak mampu lagi bayar iuran. Karena perekonomian masyarakat bisa berubah, dari mampu menjadi tidak mampu. Hal itu diungkapkannya menjawab pertanyaan seorang warga, Mega Maria Simatupang pada reses ke 3 tahun 2017, anggota DPRD Medan Paul MA Simanjuntak SH, Senin (4/12) di Jalan Cemara, Kecamatan Medan Timur.

Mega Maria Simatupang menyampaikan keluhan bahwa dia sudah menunggak iuran BPJS mandiri selama 1,5 tahun karena kesulitan ekonomi. Pada reses Paul Simanjuntak yang menghadirkan petugas dari BPJS, sehingga dia bisa menyampaikan keluhan tersebut. Buana Ginting menjelaskan, jika menunggak 1,5 tahun, peserta harus melunasi dulu tunggakan selama setahun barulah boleh mengurus BPJS PBI.

“Syaratnya ada surat keterangan miskin dari Kelurahan, kemudian oleh Kelurahan menyerahkan ke Dinas Kesehatan, kemudian pihak Dinkeslah yang mendaftarkan peserta BPJS PBI ke kantor BPJS. Saat ini 250.000 orang lebih warga Medan yang menjadi peserta PBI, yang menentukan bukan BPJS tapi oleh Pemko melalui Kelurahan,” kata Buana.

Dia juga menjawab seorang warga, Lamsinur Hutajulu yang kehilangan kartu BPJS dan 2 orang dari 4 orang anaknya belum masuk BPJS PBI. Kalau kartu BPJS hilang Buana menyuruh agar datang saja ke kantor BPJS dengan membawa KTP, Kartu Keluarga dan materai Rp 6000. BPJS juga mengakomodir anggota keluarga yang belum sempat didaftarkan menjadi peserta BPJS PBI setelah mendapat rekomendasi Kelurahan dan didaftarkan oleh Dinkes.

Anggota DPRD Medan Paul MA Simanjuntak yang didampingi kader DPP PDIP Berlian Rumapea SH MH mengatakan, dia bersedia mengurus BPJS PBI warga kurang mampu dengan menyerahkan KTP+KK dan surat keterangan miskin dari Kelurahan. “Bisa datang ke rumah saya di Jalan Sei Kera Kecamatan Medan Timur, nanti staf saya akan mengurusnya sampai tuntas,” terang politisi PDI Perjuangan ini.

Anggota Komisi D ini juga menawarkan bedah rumah kepada warga yang memiliki rumah tidak layak. Syaratnya adalah rumah milik sendiri, berlantai minimal semen, berdinding setengah batu dan atap rumbia atau seng. “Tahun ini baru 2 rumah warga yang dibedah, jika warga rumahnya tidak layak huni, segera laporkan kepada kami agar kami usulkan dibedah pada tahun 2018,” ucapnya. Keesokan harinya, Selasa (5/12), Paul melanjutkan resesnya di Jalan Sei Padang Kecamatan Medan Tembung. *CAG


Share it:

Medan

Wakil Rakyat

Post A Comment:

0 comments: