Barisan Anti Kriminalitas Medan Gelar Diskusi Publik

Share it:

MEDAN-hariancentral.com: Maraknya aksi kriminalitas di Kota Medan yang kerap meresahkan masyarakat beberapa waktu belakangan ini.

Demi mencari solusinya, Barisan Anti Kriminalitas Kota Medan (Ribak Medan) menggelar diskusi publik di Aula LPPM Cikal Universitas Sumatera Utara (USU), Kamis (9/11).

Dalam diskusi yang bertema Mencermati Situasi Keamanan dan Ketertiban di Kota Medan tersebut dihadiri Kanit Tibbinmas Polrestabes Medan, AKP T Niari Sinaga dan pengamat sosial, Yurial Arief Lubis SSos MIP.

Ketua panitia, Fauzan Ismail mengatakan, kegiatan diskusi ini diadakan sebagai bentuk keprihatianan terhadap Kota Medan yang semakin rawan. "Makanya, kita mengadakan diskusi ini untuk mencari solusi bagaimana menanggulangi kriminalitas di Medan," ucapnya.

"Saya berharap ini dapat bermanfaat. Dimana, latar belakang kita buat ini melihat fenomena yang terjadi, apalagi Medan dianggap kurang aman apalagi di malam hari," pungkasnya.

Sementara itu mencegah aksi kriminilitas kriminalitas yang terjadi di Kota Medan, pihak Kepolisian terus melakukan tindakan mulai dari Preemtif, Preventif hingga Tindakan Represif.

"Tiga tindakan jenis itu terus kita lakukan untuk mencegah kriminalitas," kata Kanit Tibbinmas Polrestabes Medan AKP T Niari Sinaga dalam diskusi publik bertema Mencermati Situasi Keamanan dan Ketertiban.

Tindakan preventif, lanjutnya, yang dilakukan pihak Kepolisian kepada masyarakat yaitu memberi pemahaman dan pengetahuan dalam mencegah kejahatan. Dimana, petugas melakukan binluh, sambang, DDS, Problem Solving, kerjasama dengan instansi lain.

Tindakan preventif (pencegahan) juga dilakukan petugas dengan melakukan patroli, penjagaan atau pengawasan dan razia. Nah, pencegahan ini dengan memantau tempat rawan kriminalitas terutama untuk kejahatan jalanan, yang mulai pukul 24.00 Wib-05.00 Wib.

Sedangkan tindakan represif atau penegakan hukum dilakukan setelah petugas berhasil mengungkap para pelaku kejahatan. Petugas akan mengungkap jaringannya baik kejahatan curanmor, curas, curhat.

Pada kesempat itu juga, AKP T Niari, menghimbau agar masyarakat selalu mengutamakan keamanan, termasuk yang memiliki kendaraan bermotor atau yang lainnya.

"Selain itu, masyarakat juga harus punya insting ketika meletakkan kendaraan bermotor. Jangan sembarangan," himbaunya. *PUL

Share it:

Medan

Motivasi

Pendidikan

Post A Comment:

0 comments: