Danramil 0824/02 Arjasa Dan Babinsa Dampingi Bidan Desa Serta Kader Posyandu Melaksanakan PSN

Share it:


JEMBER-hariancentral.com: Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) adalah kegiatan dalam rangka mencegah adanya wabah penyakit demam berdarah yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk aydes aigypti yang acapkali menyerang dan mudah mewabah dalam suatu lingkungan, sehingga dilakukanlah PSN setiap hari Jum’at dengan mengadakan pengecekkan di masing-masing rumah warga.

Seperti yang dilakukan Oleh Danramil 0824/02 Arjasa Kapten Arm Fathulloh dengan Babinsa Serda Bambang Sugianto dan Ka Puskesmas Kec Arjasa yang memberikan pendampingan jalannya PSN oleh Bidan Desa, dan Kader Posyandu di Ds Arjasa Kec Arjasa Kabupaten Jember.

Dari rumah ke rumah warga dilakukan pengecekkan terhadap penampungan air, ban bekas, kaleng bekas atau tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang dan tempat berkembang biaknya nyamuk demam berdarah, sambil memberikan arahan kepada masyarakat untuk melakukan pembersihan secara rutin terhadap bak-bak air, lingkungan sehingga tidak dijadikan tempat berkembang biang dan sarang nyamuk.

Kapten Arm Fathulloh saat dikonfirmasi disela-sela kegiatan menyampaikan bahwa ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan pada setiap hari Jum’at untuk menghindarkan warga masyarakat dari serangan nyamuk demam berdarah.

"Keterlibatan kita Babinsa adalah merupakan permohonan dari Pukesmas terkait kegiatan ini sehingga pelaksanaannnya dapat dilakukan lebih optimal, dan secara program sangat terkait dengan program pembinaan territorial utamanya pembinaan demografi, dimana masyarakat sebagai bagian dari pertahanan negara, sehingga kalau masyarakatnya sehat pertahanan negara akan semakin kuat," tambah Kapten Arm Fathulloh.

Demikian halnya yang disampaikan oleh Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Rudianto yang mendukung sekali terhadap apa yang telah dilakukan oleh jajarannya tersebut, benar sekali apa yang dilakukan tersebut adalah bagian dari upaya memelihara kemantapan pertahanan wilayah dalam menunjang pertahanan negara.

"Untuk itu kita konsen sekali dengan ajakan kepada masyarakat untuk selalu membiasakan hidup bersih dan sehat, karena strategisnya sumberdaya manusia dalam mendukung pertahanan negara, demikian halnya Dinas Kesehatan tentunya dibentuk dalam rangka membantu menciptakan kondisi masyarakat agar selalu sehat, termasuk warga masyarakat yang sakit pun dilakukan upaya agar sembuh dan sehat, saya kira dengan muara tujuan yang sama pula," tegas Letkol Inf Rudianto. *SIS24




Share it:

daerah

kesehatan

TNI

Post A Comment:

0 comments: