Mahasiswa USM Indonesia Harus Aktif

Share it:
TEKS FOTO: Mahasiswa baru USM Indonesia saat mengikuti kegiatan PKKMB di aula kampus Jalan Kapten Muslim Medan. *hariancentral.com-Ist.

MEDAN-hariancentral.com: Mahasiswa baru Universitas Sari Mutiara (USM) Indonesia diharapkan berpartisipasi menjadi mahasiswa aktif dan mengikuti sistem perkuliahan dengan baik. Ini sejalan dengan visi kampus yakni pada 2020 menjadi Universitas yang Go Internasional. Selain kegiatan akademik perkuliahan, mahasiswa USM Indonesia juga harus terlibat aktif dalam kegiatan kemahasiswaan di kampus.

"Di USM Indonesia setiap mahasiswa harus punya kegiatan. Jadi, mahasiswa itu tidak hanya dituntut pintar dalam bidang akademik, namun juga tangkas dalam bidang lainnya," kata Rektor USM Indonesia Dr Ivan Elisabeth Purba MKes pada pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2017 di kampus Jalan Kapten Muslim Medan, Senin (18/9).

PKKMB berlangsung hingga Rabu (20/9) itu diisi dengan materi pengenalan lingkungan kampus dan ceramah penyuluhan dan akademis oleh sejumlah narasumber. Rektor berharap melalui PKKMB tersebut, mahasiswa baru USM Indonesia mampu menyesuaikan diri di kampus yang mempunyai core value, yaitu nilai-nilai dasar yang mendasari setiap kegiatan di lingkungan Universitas tersebut.

"The Founding Fathers USM Indonesia mendiang Drs Ign. W Purba Dan Bidan S Sitanggang telah mewariskan 5 nilai dasar atau yang kita sebut Core Values. Itulah yang menjadi spirit penyelenggaraan Universitas ini sebagai modal perjuangan menuju sukses sivitas akademika USM Indonesia yakni spritualisme, intelektualisme, profesionalisme, nasionalisme, dan globalisme," tutur Rektor.

Menurut Rektor, mahasiswa harus aktif dalam kegiatan kemahasiswaan seperti seni dan olahraga. Pasalnya, pihak Universitas menyediakan fasilitas untuk semua kegiatan yang mendukung pengembangan minat dan bakat mahasiswa.

Sementara itu, Ketua Komite II DPD RI yang juga Ketua Yayasan Sari Mutiara Parlindungan Purba SH MM menegaskan di kampus USM Indonesia tidak pernah membedakan latar belakang agama dan suku.

Menurutnya, sikap ini sama seperti rumah sakit yang tidak pernah membedakan latar belakang pasiennya.
Pada kesempatan itu Parlindungan Purba mengingatkan mahasiswa baru agar menjauhi narkoba. “Janganlah sekali-kali mencoba narkoba, karena narkoba menyebabkan kehancuran dalam masa depan kalian," tegasnya.

Penyambutan mahasiswa baru dalam rangkaian PKKMB itu juga diisi dengan penyuluhan anti-narkoba yang disampaikan penceramah dari BNN Provinsi Sumut. Hadir juga Staf Ahli Kodam I/BB Kolonel Muslim mengisi materi ceramah tentang NKRI.

Selain itu, mahasiswa baru USM Indonesia juga diberi penyuluhan tentang kesadaran tertib berlalu lintas oleh Kepolisian. Sedangkan materi keorganisasian dan akademik, masing-masing disampaikan pimpinan program studi.

"Tujuan PKKMB ini untuk memudahkan mahasiswa mengetahui peraturan atau metode belajar di kampus. Kegiatan yang dilakukan dalam rangkaian PKKMB ini juga membantu mahasiswa baru agar lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus, khususnya pembelajaran dan kegiatan kemahasiswaan," tutur Wakil Rektor III Bagian Kemahasiswaan dan Alumni Karnirius Harefa. *SIR

Share it:

Medan

Pendidikan

Post A Comment:

0 comments: